Rabu12132017

Last update12:00:00 AM

Back Anambas Balitbangpeda Gelar Sosialiasasi RAD AMPL

Balitbangpeda Gelar Sosialiasasi RAD AMPL

ANAMBAS (HK) - Balitbangpeda Gelar Sosialisasi Rencana Aksi Daerah Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD AMPL). Sosialisasi tersebut dibuka Asisten II Sekeretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Dr Masykur.
Pemerintah Daerah menyambut baik program dari Kementerian PUPR Satker Cipta Karya dan akan menyukseskan program kementerian tersebut. "Pemerintah daerah juga berharap melalui program ini kebutuhan air minum di kabupaten kepulauan anambas bisa teratasi," demikian disampaikan Masykur, Selasa (8/8).

Balitbangpeda Dipimpin Sekretarisnya Adies Saputra  Langsung menindaklanjuti Program Kementerian tersebut  dengan membentuk Tim Penyusum RAD AMPL Kabupaten Kepuluan Anambas. Adies mengatakan,  program Kementerian tersebut sejalan dengan RPJMD Kabupaten Kepulauan Anambas 2016-2021.

Adies juga memaparkan tentang rencana Pemda yang akan membangun embung di Batu Tabir untuk menyimpan cadangan air di pulau Siantan,  Kendati demikian anggaran itu hingga kini belum ada kepastian baik dari BWS maupun dari kementerian terkait sementara dari APBD sendiri juga sedang diupayakan kemungkinannya.

"Mudah-mudahan ini disetujui oleh DPRD."urainya.

Sementara itu Kepala Bidang Infrastruktur Balitbangpeda KKA, Andi Guna menambahkan bahwa program ini dilaksanakan melalui swadaya masyarakat, nama kegiatannya adalah Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) dan untuk pelaksanaan kegiatannya baru dimulai pada tahun Anggaran 2017.

"Untuk tahun ini ada 5 desa yang mendapatkan program tersebut diantaranya Desa Pesisir Timur, Desa Tarempa Timur, Desa Air Bini Desa Tiangau dan Desa Temburun. Rata2 Kegiatan tersebut mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp.350jt yang bersumber dari 70% APBN/APBD, 10% ABPDes, 4 % In cash Masyarakat dan 16 % In Kind Masyarakat."jelasnya.

Pria yang akrab dipanggil Andy itu menuturkan bahwa rencananya seluruh desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas akan mendapatkan program PAMSIMAS tersebut.

"Dengan keterbatasan anggaran program tersebut tidak bisa diberikan sekaligus melainkan secara bertahap dimana untuk di Tahun 2018 direncanakan 15 desa, Tahun 2019 16 Desa dan Tahun 2020 16 Desa sehingga pada Tahun 2020 seluruh desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas yang berjumlah 52 Desa sudah melaksanakan Kegiatan Pamsimas tersebut," imbuhnya.(yud)

Share