Minggu02182018

Last update05:00:00 AM

Back Anambas Renovasi Masjid Jami'Baiturahim Mesti Disegerakan

Renovasi Masjid Jami'Baiturahim Mesti Disegerakan

ANAMBAS (HK) - Renovasi Masjid Jami'Baiturahim mesti segera dilaksanakan, menyusul sejumlah bagian  masjid kebanggaan masyarakat Siantan itu sudah mengalami kerusakan.
Sebenarnya pada tahun 2017 silam pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) telah menganggarkan sebesar Rp2,1 milliar untuk renovasi masjid yang diresmikan tahun 1925 itu, namun sejumlah kendala membuat kegiatannya tidak dapat dilakukan. Kendati demikian Pemerintah daerah kembali menganggarkan renovasi masjid pada tahun 2018 .

Doni Yusug salah satu pengurus Masjid Jami' Baiturahim mendesak Dinas terkait yakni Dinas Perkerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPR) KKa untuk segera melaksanakan proses pelelangan renovasi Masjid."Kami berharap proses lelang renovasi masjid segera dilakukan secepatnya sehingga Jamaah yang beribadah dapat nyaman dan aman," kata Dony,  Jumat (9/2).

Dony mengungkapkan,  sejumlah bagian lantai atas masjid sudah banyak yang rusak, bahkan ketika hujan tiba sejumlah jamaah mengalami basah ketika melaksanakan ibadahnya. Oleh sebab itu hal ini jangan sampai tertunda lagi.

Lebih jauh Dony menyampaikan,   jika pemenang proyek tersebut sudah melakukan pekerjaan maka kegiatan pelaksanaan ibadah di masjid untuk sementara dihentikan demi lancarnya proses pembangunan. Hal itu sudah menjadi kesepakatan bersama seluruh pengurus masjid.

"Tentulah, jika pelaksanaan pembangunan pekerjaan renovasi, maka kegiatan ibadah akan dihentikan atau ditutup hingga usai pembangunan dan itu sudah menjadi keputusan kesepakatan para pengurus masjid Jami'Baiturahim," tukasnya.

Ditempat lain Kepala Bidang Bina Marga di Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Kepulauan Anambas, Khairul  mengatakan bahwa pelaksanaan proyek renovasi masjid Jami'Baiturahim akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Anggaran sudah tersedia dan PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan) sudah dibentuk.

"Sekitar Satu Minggu Kedepan ini akan dilaksanakan proses lelang, pastinya bisa lihat di pengumuman lelang nanti," jelasnya.

Pemkab Anambas cukup serius mengenai pembangunan renovasi Masjid Jami'Baiturahim. Akibat tertunda pembangunan masjid itu pada tahun 2017 kemarin dipicu  sejumlah faktor.(yud)

Share