Jumat10312014

Last update12:00:00 AM

Back Anambas Ribuan PNS Anambas Bikin Kartu Elektrik

Ribuan PNS Anambas Bikin Kartu Elektrik

KARTU PEGAWAI - Sebanyak 1.803 PNS gabungan dengan CPNS tahun lalu melaksanakan proses pembuatan kartu pegawai elektronik yang dilaksanakan di wilayah Taremp selama dua hari kedepan. Tampak sejumlah PNS Pemkab Anambas melakukan proses pengolahan data untuk pembuatan Kartu Pegawai  Elektronik di Gedung BPMS, Tarempa, Senin (27/8). TAREMPA (HK) - Sebanyak 1.803 Pegawai Negeri Sipil (PNS) gabungan dengan CPNS pada tahun lalu yang berada di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Anambas melakukan pembuatan Kartu Pegawai Elektronik. Langkah ini sebagai realisasi arahan yang disampaikan oleh Direktur Jaringan dan Informasi dari BKN pusat yang berada di Jakarta pada bulan Maret di Anambas beberapa waktu lalu,
Kepala Bidang Disiplin Dankesra Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Anambas, Dian menuturkan pembuatan kartu pegawai elektronik ini sebelumnya sudah berjalan di Indonesia sejak tahun 2008. Namun, karena dikarenakan pengajuan ke BKN pusat untuk wilayah Anambas baru dilaksanakan pada tahun 2012, maka pengalokasian pun baru bisa dilakukan pada tahun 2013 ini dengan menggunakan anggaran APBN 2013.

Ditemui di Gedung BPMS Tarempa, ibu kota Kabupaten Anambas, wanita berkerudung ini menambahkan, pembuatan kartu pegawai elektronik ini mempunyai sejumlah keuntungan yang akan diperoleh oleh setiap PNS maupun CPNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Anambas.

"Kartu ini juga memiliki sejumlah kegunaan, diantaranya untuk memudahkan PNS dalam pengurusan seperti dalam mengurus Taspen, Askes, serta segala yang berkaitan dengan PNS, termasuk ATM karena nanti di kartu itu terdapat chipnya. Selain itu, untuk tahun depan akan dilakukan pemutihan," ungkap Dian, Senin (27/5).

Dikatakan, untuk membuat kartu pegawai elektronik ini, terdapat beberapa persyaratan seperti Surat Keputusan CPNS serta melampirkan kartu tanda penduduk elektroniknya.

"Untuk pegawai yang dibawah pengangkatan pada tahun 2008 maka membawa SK Konvensi NIP, serta melampirkan e-KTP karena akan diambil datanya dengan menggunakan chip itu sesuai dengan kepemilikan yang sah sehingga tidak bisa dipindahtangankan," ucapnya.

Disebutkan, kegiatan ini akan dilaksanakan secara bergilir ditiap-tiap kecamatan di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Dimana, untuk diwilayah Tarempa, akan dilakukan selama dua hari. Pihaknya pun menegaskan, bila pegawai yang tidak melakukan kegiatan ini atau berhalangan hadir, maka yang bersangkutan terpaksa harus mengurus secara perorangan di BKN pusat yang berada di Jakarta.

"Untuk pelaksanaan sampai Jumat (31/5) mendatang. Nanti pelaksanaannya akan keliling di tiap-tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas. Kami juga menghimbau kepada para pegawai agar segera melakukan pembuatan kartu pegawai ini. Karena sebelumnya juga telah kita surati sebelumnya untuk menghadiri kegiatan ini dibeberapa dinas-dinas maupun instansi yang terdapat di Kabupaten Kepulauan Anambas," pintanya.(nel)

Share