Sabtu10252014

Last update12:00:00 AM

Back Anambas Pemkab Anambas Butuh 220 CPNS Tahun 2013-2014

Pemkab Anambas Butuh 220 CPNS Tahun 2013-2014

Prioritaskan Guru, Kesehatan dan Tenaga Teknis

TAREMPA (HK) - Untuk memenuhi kebutuhan sejumlah pegawai yang terdapat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Anambas, pemerintah pusat telah menyetujui rekrutmen penambahan formasi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 220 orang pada penerimaan tes CPNS periode 2013-2014 akan datang.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Iip Ilham Firman mengatakan, formasi sebanyak 220 CPNS tersebut, lebih diprioritaskan untuk tenaga guru yang masih dibutuhkan sebanyak  55 persen, tenaga kesehatan sebanyak 35 persen, serta tenaga teknis sebesar 10 persen.

"Sesuai arahan yang diberikan oleh pemerintah pusat, kita mendapat kouta sebanyak itu. Seperti tenaga teknis masih kurang. Selain kita, yang mendapatkan ini yakni daerah Natuna dan Lingga," ucap Iip saat ditemui di kantor Bupati Kabupaten Anambas kemarin.

Dikatakan, tenaga teknis yang dimaksud beberapa diantaranya seperti  teknik sipil, tenaga medis diluar perawat, bidan, dokter, terutama dokter spesialis. Dalam hal ini pihaknya menuturkan, Pemkab  masih butuh sarjana pertambangan. Termasuk tenaga IT, serta sarjana perikanan.

"Untuk tenaga teknis kalau bisa minimal 40 persen. Untuk  informasi lebih lanjut mungkin sekitar bulan September mendatang," ucapnya.

Menurut Iip, sistem penerimaan dan tes penyaringan CPNS yang akan dilaksanakan tersebut, hampir sama seperti tahun lalu. Yakni, diselenggarakan langsung oleh pusat, dan dilaksanakan di daerah yang bersangkutan.

"Daerah hanya sebagai pelaksana, mengenai hal teknisnya mulai dari pem buatan soal, dan yang memeriksa serta  mengumumkan dari pihak pusat," ungkapnya.

Sebelumnya, berdasarkan hasil pendataan kebutuhan pegawai, yang dibutuhkan Pemkab Kabupaten Kepulauan Anambas saat ini sedikitnya 1800 PNS.

"Pemkab Anambas sendiri saat ini masih membutuhkan pegawai ditatanan struktural serta disejumlah dinas serta instansi terkait yang saat ini masih kekurangan tenaga di sumber daya manusianya,"kata Iip.

Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan, untuk Kabupaten Anambas seharusnya memiliki sekitar 3.500 PNS.Namun yang dimiliki saat ini baru sekitar 1700 orang PNS.

"Berdasarkan analisa beban kerja, Kabupaten Kepulauan Anambas seharusnya memiliki sekitar 3.500 PNS namun yang dimiliki sampai saat ini baru sekitar 1.700 orang PNS atau masih kekurangan sekitar 1.800 orang," katanya.

Senada dengan hal tersebut, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas T. Mukhtaruddin beberapa waktu  mengatakan pihak Kabupaten masih membutuhkan pegawai yang memiliki kualitas untuk sama-sama membangun Kabupaten Anambas.

"Kita masih banyak butuh pegawai diatas 1000. Upaya kita menunggu komando dari BKN, Insya Allah dapat segera terealisasi," ucapnya.(nel)

Share