Rabu10182017

Last update05:00:00 AM

Back Andalas

Air Mata Basko Mengalir Saat Wisuda Putranya

Brian Putra Basko Tamat Pasca Sarjana Unand

PADANG (HK)–Air mata menggenang di pelupuk mata CEO Basko Group, H Basrizal Koto atau yang akrab disapa Basko, saat menyaksikan putranya, Brian Putra Basko dipanggil MC untuk maju mengikuti prosesi wisuda pasca sarjana Universitas Andalas (Unand) Padang, Jumat (24/2) di Auditorium Kampus Unand Limau Manis, Padang.

Kematian Itu Pasti, Waktunya yang Misterius

Tahlilan Satu Tahun Meninggalnya Istri Basko

Keluarga besar Haluan Kepri mengadakan acara tahlilan satu tahun meninggalnya Hj Mukhniarti Basko, istri CEO sekaligus pemilik Haluan Group, H Basrizal Koto (Basko), Jumat (27/1) di lantai I gedung Batam Press Centre, Haluan Kepri, Batuampar.

Diawali Tradisi Pedang Pora

prosesi ijab kabulSeribuan Undangan Hadiri Pesta Galih-Sonya

PEKANBARU (HK)-Lebih dari seribu tamu undangan menghadiri resepsi pernikahan Sonya Nowindasari, SH dengan AKP Galih Apria, APr, SIp, SIk. Resepsi yang berlangsung meriah tersebut kental dengan adat Minangkabau.

Oesman Sapta: Kartel Daging Biadab

JAKARTA (HK)- Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta menilai pelaku kartel daging biadab karena telah mempermainkan harga daging yang dari tahun ke tahun terus naik.

Kemenkumham Minta Dana Rp1,3 T

Perbaikan Lapas

JAKARTA (HK)-Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mengajukan proposal permohonan anggaran perbaikan lembaga pemasyarakatan sebesar Rp1,3 triliun. Kepada Komisi III DPR, Kemenkumham menyebut anggaran itu berstatus mendesak.

Kota Dumai Berkabut Asap Lagi

BNPB Tambah Bantuan Satu Heli Lagi

DUMAI (HK)- Kota Dumai kembali diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan, Kamis (7/4). Kondisi itu membuat jarak pandang di kota pelabuhan itu hanya berkisar tiga kilometer. Selain itu, mata juga terasa perih bila berada di luar ruangan. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) mencatat, udara Kota Dumai berada pada level 101 Psi, alias tidak sehat.

Takziah Malam Pertama

Hj Djaninar Adalah Sosok yang Baik

PEKANBARU (HK)-Hj Djaninar, ibunda H Basrizal Koto, dikenal sebagai sosok yang bersahaja, baik, dan tidak pernah menyinggung perasaan tetangga dan handai taulan.

Setidaknya, begitu jawaban pertama yang keluar dari mulut Ustad Tengku Marizon, Imam Mesjid Darul Hikmah, usai pelaksanaan takziah malam pertama di kediaman Almarhumah Hj Djaninar, Jalan Damai Nomor 7 A, Kelurahan Cinta Damai, Kecamatan Bukitraya, Pekanbaru, Senin (21/3) malam.

"Almarhumah, bagus. Baik. Dia tidak ada menyinggung orang," ungkap Tengku Marizon singkat sambil berlalu menuju mesjid guna memimpin pelaksanaan Salat Isya.

Sebelumnya, Tengku Marizon memimpin pelaksanaan pembacaan Yasin, Tahtim, Tahlil, dan Doa pada gelaran takziah tersebut. Aliran ayat-ayat suci Al Quran mengalir syahdu dari bibir pentakziah yang berasal dari kalangan tetangga dan jamaah Mesjid Darul Hikmah, yang memadati rumah duka.

Begitu juga, Ketua Ikatan Minang Riau Provinsi Riau, H Basrizal Koto, yang dikenal dekat dengan sosok Ibunda yang biasa dipanggilnya Amak ini, tampak seksama mengikut setiap bacaan ayat per ayat yang dilantunkan.

Usai pembacaan Yasin, Tahtim, Tahlil, dan Doa, acara dilanjutkan dengan tausiyah singkat yang disampaikan Ustad DR H Hanafi MA, yang berintikan kegiatan yang dilaksanakan ini setidaknya mampu menjadi setawar sedingin bagi ahlul bait yang ditinggalkan.

Menurutnya, kematian merupakan awal dari sebuah perjalanan panjang yang akan dijalani setiap umat manusia. "Seorang hamba yang mengalami proses kematian, ibarat seseorang yang berada di tengah laut yang perlu pertolongan. Salah satu dengan pembacaan Yasin, Tahtim, Tahlil dan Doa. Selain berguna buat almarhumah, juga menjadi amal ibadah buat kita semua," sebut Ustad Hanafi di hadapan pentakziah.

Tidak lupa dalam kesempatan tersebut, Ustad Hanafi atas nama Ahlil Bait menyampaikan permohonan maaf almarhumah kepada tetangga dan jamaah Mesjid Darul Hikmah.

"Bersediakah Bapak dan Ibu memaafkan almarhumah," tanya ustad Hanafi.

"Bersedia," begitu jawaban lantang pentakziah.

Usai takziah yang digelar masyarakat, takziah juga dilakukan oleh karib kerabat, keluarga besar H Basrizal Koto, dengan pembacaan Yasin, Tahtim, Tahlil, dan Doa, yang dipimpin oleh DR H Hanafi MA.

Dalam takziah malam pertama tersebut, terlihat anggota MPR/DPR RI Daerah Pemilihan Riau, Nurzahedy Tanjung, mantan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Musllm Kasim, Tokoh Masyarakat Riau, Azlaini Agus, Sekjen Ikatan Saudagar Minang Seluruh Indonesia, H Firdaus AB, dan Ketua Persatuan Keluarga Daerah Pariaman Riau, Herman Nazar, dan segenap undangan lainnya.(Dod)

In Memoriam Hj Djaninar

 ibu hj djaninarBasko: Ke Mana Pun Saya Merantau, Beliau Tetap Saya Bawa

RIAU (HK)-- Kabar duka kembali datang dari keluarga besar Ketua Umum Ikatan Keluarga Minang Riau, H Basrizal Koto. Sang ibunda tercinta, Hj Djaninar, menghembuskan nafas terakhirnya, Senin (23/1) sekira pukul 07.05 WIB.

Mantan Ketua Partai Jadi Komplotan Perampok

 rampokDitembak di Pekanbaru

PEKANBARU (HK)-Empat perampok spesialis ritel minimarket 24 jam yang beraksi antar provinsi ditembak aparat intel Brimobda Polda Riau dan Satreskrim Polresta Pekanbaru, Minggu (13/3) sekitar pukul 07.30 WIB. Satu dari empat pelaku bernama Rudi Arif (50) adalah mantan ketua salah satu partai besar di Binjai, Sumatera Utara 2015 lalu. Namun jabatannya dicopot lantaran melanggar kode etik partai karena terlibat kasus KDRT. Sementara tiga rekannya yang lain yakni, Erdian (50) warga Binjai, Bonadi (48) warga Binjai dan Morro (33) warga Kerasaan, Simalungun, Sumatera Utara.

Manusia Mesti Ikhlas

baskoTahlilan 40 Hari Wafatnya Hj Mukhniarti Basko

PEKANBARU (HR) - Keluar besar H. Basrizal Koto menggelar tahlilan 40 hari wafatnya Hj Mukhniarti, istri tercintanya di kediaman keluarga besar H Basrizal Koto, Jalan Diponegoro Nomor 9 Pekanbaru, Selasa (9/3) malam.

Polda Sumbar Bongkar Prostitusi ABG

PADANG (HK) - Kepolisian Daerah ({Polda) Sumatera Barat mengungkap prostitusi di bawah umur (ABG) di Padang. Petugas berhasil membekuk tiga mucikari dan tujuh wanita yang diduga sebagai pekerja seks komersial di salah satu hotel di Kota Padang Sumatera Barat.

Puluhan Hektare Lahan di Siak Terbakar

SIAK (HR)-Malapetaka kebakaran hutan dan lahan, kembali terulang. Kali ini, peristiwa itu terjadi di dua lokasi yang berada dalam areal Kampung Penyengat, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak. Hingga Jumat (26/2) kemarin, setidaknya diperkirakan 53 hektare hutan dan lahan perkebunan menghitam akibat dilalap si jago merah.

2019, Dana Desa Menjadi Rp2 Miliar

 sekjen kementerian desaPADANG (HK) – Dana desa akan mengalami peningkatan setiap 50 persen setiap tahunnya. Diperkirakan pada 2019 mendatang setiap desa/nagari akan menerima Rp2 miliar per nagari/desa. Diharapkan kesiapan aparatur nagari/desa agar bisa mengelola dana ini sebaik mungkin agar tidak menjadi ‘nikmat membawa sengsara’.