Kamis08242017

Last update05:00:00 AM

Back Andalas Air Mata Basko Mengalir Saat Wisuda Putranya

Air Mata Basko Mengalir Saat Wisuda Putranya

Brian Putra Basko Tamat Pasca Sarjana Unand

PADANG (HK)–Air mata menggenang di pelupuk mata CEO Basko Group, H Basrizal Koto atau yang akrab disapa Basko, saat menyaksikan putranya, Brian Putra Basko dipanggil MC untuk maju mengikuti prosesi wisuda pasca sarjana Universitas Andalas (Unand) Padang, Jumat (24/2) di Auditorium Kampus Unand Limau Manis, Padang.
Dalam senyum bercampur haru, air mata itu jatuh juga dan mengalir pelan membasahi pipi pengusaha sukses asal Minang itu, tepat saat tali toga di kepala Brian dipindahkan oleh Rektor Unand Prof. DR. Tafdil Husni. Maka, resmilah Brian menyandang gelar Magister Manajemen (MM) dan akan melekat di ujung namanya, Brian Putra Basko, B.Com, MM.

Brian, memang jadi kebanggaan Basko. Masih dalam suasana bangga bercampur haru, Basko menceritakan perjalanan sekolah putranya yang kini dipercaya sebagai General Manager (GM) Basko Hotel.

“Brian adalah anak yang ulet dan mandiri. Sejak kecil mulai dari sekolah dasar hingga lulus SMA ia mandiri dan tidak merepotkan. Kemudian, ia menyelesaikan pendidikan Srata Satu (S1) di Australia hanya dua tahun saja,” ujar Basko.

Basko mengatakan, saat lulus S1 tersebut, Brian memberikan kejutan padanya. Saat pulang ke Indonesia, Brian mengatakan ia telah lulus S1.  Padahal, waktu itu ia baru dua tahun kuliah di negeri kangguru tersebut.

“Saat ia pulang, ia meminta saya menghadiri acara wisidanya di Australia.  Saat saya tanya apakah benar, ia menjawab benar karena dengan kesungguh-sungguhan ia bisa menamatkan S1 hanya waktu dua tahun saja. Biasanya orang S1 itu ada tiga sampai empat tahun, tapi bagi Brian hanya dua tahun saja. Hal tersebut sungguh membanggakan. Dan hari ini tanpa terasa sudah wisuda lagi untuk S2-nya,” tutur Basko sembari menyapu mukanya dengan sapu tangan.

Saat menghadiri wisuda Brian, Basko berpakaian batik berwarna kuning emas didampingi ibunda Brian, Hj Elita Basko. Juga terlihat anak-anaknya, Bernando Putra Basko dan beberapa famili. Turut hadir Robby Wiryawan, Asisten Manager Basko Hotel yang juga Manager Basko Grand Mall.

Dilanjutkan Basko, ke depan ia berharap putranya bisa lebih membanggakan dan ilmu yang diperoleh bisa lebih bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

“Brian katanya mau melanjutkan S3 di luar negeri. Saya serahkan ke dia ke mana maunya, apakah ke Cina atau negara lainnya. Kami sangat bangga dengan prestasinya, karena baru umur 24 tahun ia sudah lulus S2,” ucapnya.

Kebahagiaan juga terpancar dari raut wajah Brian. Langkahnya terlihat tegar saat berjalan keluar gedung sambil memegang piagam kelulusannya serta karangan bunga pemberian dari keluarga dan teman terdekatnya. Brian lulus dengan IPK 3,3.

Anak ketujuh dari sepuluh bersaudara ini masih ingin memikirkan rencana ke depan hidupnya. “Ingin seperti air mengalir saja. Ada keinginan untuk melanjutkan pendidikan namun saat ini masih menikmati kelulusan sebagai magister dulu,” terangnya saat dijumpai Haluan, usai berfoto-foto bersama keluarga dan teman-temannya.

Ia mengatakan, dengan gelarnya saat ini, ia berharap bisa menjadikan ilmu yang didapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Semoga ilmu yang telah diperoleh bisa bermanfaat,” ucapnya pendek.

Sementara itu, Roby Wiryawan mengaku bangga dengan Brian yang bisa menyelesaikan S2 di kota kelahiran orangtuanya (Basko). “Di usia yang masih muda, Brian sudah bisa mendapatkan gelar master dan sudah bisa memimpin perusahaan papanya. Saya pribadi sangat bangga padanya,” sebut Roby.

Roby juga berharap ke depan dengan kepemimpinan Brian, usaha Basko Group bisa lebih maju dan berkembang. “Harapan ini adalah harapan kita semua supaya perusahaan Basko Group di tangan anak muda bisa lebih maju,” pungkasnya. (h/win)

Share