Rabu09202017

Last update05:00:00 AM

Back Andalas Manusia Mesti Ikhlas

Manusia Mesti Ikhlas

baskoTahlilan 40 Hari Wafatnya Hj Mukhniarti Basko

PEKANBARU (HR) - Keluar besar H. Basrizal Koto menggelar tahlilan 40 hari wafatnya Hj Mukhniarti, istri tercintanya di kediaman keluarga besar H Basrizal Koto, Jalan Diponegoro Nomor 9 Pekanbaru, Selasa (9/3) malam.

Usai Maghrib ratusan pelayat tampak berdatangan mulai memasuki ruangan. Surat yasin yang dibuat khusus dan buku biograpi singkat alamarhumah, sebagai ungkapan kecintaan dari pihak keluarga, satu persatu mulai diberikan kepada, kerabat, handai taulan, masyarakat dan jamaah Masjid Amal Jariah.

Perlahan ayat suci Alquran mulai terdengar dibacakan ustadz waktu itu, diikuti seluruh pelayat yang hadir berikut doa yang dipanjatkan kepada sang pencipta. Semoga almarhumah mendapat kemudahan dan kelapangan, serta mendapat tempat yang sebaik-baiknya di sisi Allah.

Memasuki waktu shalat Isya, para pelayat yang hadir melaksanakan shalat berjamaah, dilanjutkan mendengar bacaan ayat suci Alquran dibacakan M.Soleh. Kemudian mendengarkan sepatah kata dari suami tercinta almarhumah H.Mukhniarti, H.Basrizal Koto, yang juga Owner dari Haluan Media Group.

Imam Besar Masjid Ar-Rahman Pekanbaru, ustad Syaifullah mengingatkan, sebagai hamba ciptaan-Nya, manusia harus ikhlas. Terutama dalam menerima segala bentuk cobaan. Karena di balik itu, Allah SWT pasti telah menyiapkan sesuatu yang sangat istimewa bagi hambaNya yang sabar.

Dikatakan, dalam kehidupan, manusia tak bisa memilih dan menghindar dari kehilangan orang yang sangat dicintai.

Semua harus diterima dengan lapang dada, sabar dan ikhlas, karena memang sudah menjadi sunnatullah bahwa, sesuatu itu ada dan tiada. Itu hal pasti dan tidak ada yang bisa menawar atau menghindar.

Allah maha kuasa diatas segala yang ditentukan meski keluarga harus merelakan kepergian istri dan ibu yang sangat tercinta. Sebagaimana yang dalam hadits Rasulullah SAW menyebutkan, ' Setiap istri yang meninggal dunia dan diridhai oleh suaminya, maka ia masuk surga.

"Dari sini kita bisa tahu bahwa seorang suami bisa menjadi jalan ke surga untuk istrinya bila ia bisa membimbing istrinya untuk bersama-sama berusaha menggapai keridhoan Allah dan kemudian dia ridho terhadap istrinya baik ketika masih hidup terlebih ketika sudah meninggal," kata Syaifullah.

Ustadz berpesan kepada keluarga yang ditinggalkan agar terus berdoa dari hati yang tulus, karena tak ada makna yang bisa dilakukan, kecuali mempasrahkan diri kepada Allah. Kemudian, harus Ikhlas dalam artian tak menyalahkan siapapun atas musibah yang terjadi, mudah-mudahan kepergian alamarhumah di antara orang yang husnul kotimah. Dari penyampaian yang disampaikan H.Basrizal Koto, ustadz menilai Almarhumah menunjukkan bagaimana dirinya semasa hidup ingin membahagiakan keluaraganya dengan caranya sendiri.

Dalam kesempatan itu, Owner Haluan Media Group H. Basrizal Koto mengakut, sejak 40 hari kepergian alamarhumah istri tercintanya rasa kehilangan begitu terasa mendalam. Pasalnya, alamarhumah tak pernah berpesan macam- macam, hanya saja selalu mengatakan 'jangan menangis, jangan bersedih mengingatkan kepada anak-anaknya.

"Jujur secara pribadi, bila saya melihat foto almarhumah di kamar, kebiasaan yang selalu dilakukan alamarhumah tengah malam adalah menyampaikan suatu permasalahan kepada saya. Seperti tentang masa depan anak-anak, maupun masalah keluarga lainnya, itulah yang selalu teringat di benak saya. Itu juga yang menjadi luar biasa almarhumah ini di mata saya. Satu yang sangat kagumi dari almarhumah, tanpa sepengetahuan saya ternyata dia sudah mengasuransikan tiga orang anak saya yang belum menikah," kenang Basko.

Kekaguman dan luar biasanya almarhumah sang istri di mata Basko menjadi sebuah pesan yang terus disampaikan kepada anak-anak agar terus belajar menirukan ibunya. Di hadapan jamah yang hadir Basko dengan penuh rasa haru menyebut, suksesnya dia saat ini, karena ada sosok wanita hebat disampingnya. Ucapan terimakasih juga tak lupa Ia sampaikan kepada seluruh masyarakat dan jamaah karena telah sudi mengahdiri hajatan yang diadakan.

"Atas nama keluarga, saya ucapkan terimakasih yang sebesar- besarnya kepada seluruh yang hadir pada malam ini, sekali lagi saya katakan, alamarhumah istri saya merupakan wanita yang sangat luar biasa. Berkat kegigihan dan doa, semua yang dicita- citakannya bisa tercapai hingga akhir hayatnya. Inilah sebenarnya kehilangan yang sangat luar biasa bagi saya,namun semua adalah kuasa Allah yang tak bisa ditangkis dan tangkal siapapun, saya ikhlas dan ridho atas semua ini," ucapnya. (her)


 

Share