Kamis08242017

Last update05:00:00 AM

Back Batam Yonif 10 SBY Bersihkan Perkampungan Warga

Yonif 10 SBY Bersihkan Perkampungan Warga

yonif mar 10 sby gelar baksos di wilayah pesisir Bindesir dilingkungan Mako Sebagai Wujud Kemanunggalan TNI

GALANG (HK) - Sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, prajurit Marinir Yonif 10 Satria Bumi Yudha (SBY) di Setokok, Kecamatan Galang menggelar bakti sosial (Baksos) bersama masyarakat membersihkan perkampungan Pesisir Pantai Pulau Galang, Jumat (11/8) pagi, Kampung Baru, Kelurahan Galang Baru, di Kecamatan Pulau Galang, Batam.

Sedikitnya 35 orang Prajurit Marinir diterjunkan untuk membantu membersihkan sampah-sampah, semak berlukar, dan genangan air kotor di perkampungan yang dihuni oleh kurang lebih 80 Kepala Keluarga (KK), tersebut.  

Danyonif 10 Mar/SBY, Letkol Mar Carles Arianto Lumban Gaol mengungkapkan kebersihan lingkungan sebagai upaya untuk menghindarkan masyarakat dari berbagai penyakit, terutama dari penyakit Demam Berdarah Degue (DBD), dan penyakit menular lainnya.

"Nah, dengan kegiatan bakti sosial kebersihan lingkungan, kita harapkan warga dapat memahami akan pentingnya menjaga kesehatan, untuk dapat mencegah penyakit menular yang sangat berbahaya terhadap masyarakat, terutama bagi anak anak," kata Letkol Carles Arianto Lumban Gaol, saat memimpin langsung pelaksanaan goro itu.

Diungkapkan, bahwa keberadaan prajurit TNI tidak hanya menjaga kedaulatan negara dari setiap ancaman dan tantangan musuh yang ada, tetapi prajurit TNI juga melaksanakan kegiatan Pembinaan Desa Pesisir (Bindesir), di lingkungan Mako, sebagai peran Kemanunggalan TNI.

"Bindesir kali ini, kami laksanakan di Kampung Baru, Kelurahan Galang Baru, di Kecamatan Pulau Galang, Batam, dengan melibatkan segenap prajurit yang ada, serta sarana dalam baksos ini," papar Letkol Carles.

Sebagai masyarakat wilayah dilingkungan Markas Komando Yonif 10 Mar/SBY tentu menjadi perhatian khusus bagi kami, imbuh Letkol Carles, sehingga dapat mengatasi permasalahan masyarakat yang ada dengan menberikan perhatian.

"Kampung Baru, merupakan desa pesisir yang terletak di jembatan 6 Barelang di Pulau Galang, yang memiliki jumlah penduduk lebih kurang sebanyak 80 KK, dengan mata pencaharian sebagai nelayan dan berkebun. Dan dengan kondisi alam yang kurang menguntungkan, mereka terus bertahan hidup dalam penuhi kebutuhan keluarganya. Dengan Program Bindesir TNI ini, prajurit Marinir akan berupaya untuk mencarikan solusi terhadap masyarakat pesisir," ucap Danyon Mar 10 SBY, dengan semangat.

Rahman, Ketua RT Kampung Baru mengaku sangat senang bisa terlibat dalam kegiatan Bindesir itu, karena menurutnya selain bisa ikut goro bersama untuk membersihkan lingkungan tempat tinggalnya, ia juga mendapatkan banyak ilmu serta terjaling keakraban antara TNI dengan masyarakat.  

"Kami berharap, kegiatan seperti ini dapat berjalan secara berkesinambungan. Begitu juga dengan program TNI lainnya untuk membantu keadaan masyarakat yang mengalami serba kekurangan. Dengan demikian, tentu hubungan prajurit dengan masyarakat akan bertambah dekat sesuai dengan program Kemanunggalan TNI. Sebab, TNI itu berasal dari masyarakat dan kembali kepada masyarakat," pungkas ketua RT ini. (vnr)

Share