Rabu12132017

Last update12:00:00 AM

Back Batam Mulai Hari Ini, JCH Diterbangkan ke Jeddah

Mulai Hari Ini, JCH Diterbangkan ke Jeddah

admiral hazel rabbani bersama kedua orangtuanya saat pelepasan jamaah kloter 13Embarkasi Batam Telah Berangkatkan 5.815 JCH

JCH Termuda Kloter 13 Ingin Haji Bareng Sahabat

Batam (HK) - Keberangkatan Gelombang I Jamaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Batam telah usai dilaksanakan. Hal itu ditandainya dengan dilepasnya Kloter 13 di Asrama Haji Batam, Jumat (11/8). Diketahui, pemberangkatan JCH Embarkasi Batam musim haji 1438 H/2017 ini terbagi dua Gelombang, yaitu Gelombang I Batam-Madinah untuk Kloter 1 s.d 13, dan, Gelombang II Batam-Jeddah untuk Kloter 14 s.d 27. Dengan begitu, mulai hari ini, Sabtu (12/8), jamaah Embarkasi Batam akan langsung diterbangkan ke Jeddah, Arab Saudi.

Sampai kemarin, jamaah yang telah diberangkatkan dari Embarkasi Batam berjumlah 5.815 JCH. Kloter 13 yang berangkat tadi malam merupakan gabungan dari jamaah asal Kabupaten Kapuas Hulu 130 orang, Kabupaten Sintang 122 orang, Kabupaten Singkawang 106 orang, Bengkayang 62 orang, Kota Pontianak 15 orang, Kabupaten Sanggau 4 orang, Kabupaten Kubu Raya 2 orang, dan lima orang petugas Kloter, dengan total 446 orang.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, H. Subadi, di Asrama Haji Batam mengatakan, pada Kloter 13, ada jamaah yang batal ke Arab Saudi dikarenakan sakit di daerah asal, yakni, a.n Sutarto bin Ngadirejo, asal Kota Singkawang dan, a.n Wahda binti Awang Fauzi, asal Kota Singkawang.

Disamping itu, lanjutnya, terdapat jamaah yang tunda berangkat, a.n Asnah Kahar binti Kahar, manifest 170, asal Kabupaten Sintang, kini tengah dirawat di Embarkasi, lalu, a.n Abdul Hamid, manifest 171, asal Sintang pendamping Asnah Kahar. Kemudian, a.n Evy Yunus Yacob, manifest 047, asal Singkawang, karena sakit di Embarkasi. Lalu, a.n Aminah Muhammad Jamil, manifest 191 asal Sintang, karena sakit di Embarkasi. Selanjutnya, a.n Tukimin Lonodirjo, manifest 263, asal Bengkayang, karena sakit di Embarkasi, lalu, a.n Ngadinah Ngadinun, manifest 264, asal Bengkayang. Selanjutnya, a.n Roby Sumali Suwarni, manifest 337 asal Kapuas Hulu, karena sakit di Embarkasi, dan, a.n Susilawati Ibrahim, manifest 338 pendamping Roby Sumali.

Selain itu, Subadi juga menyampaikan, dalam Kloter 13 terdapat jamaah mutasi, yakni, a.n Agus Supendi Darhi dari Kloter 12 asal Kubu Raya, a.n Sumarni Marto suwito dari Kloter 12 asal Kubu Raya, a.n Suparmin dari Kloter 11 asal Kota Pontianak, a.n Utin Fatimah dari Kloter 11 asal Sanggau, a.n Galuh Amalia dari Kloter 11 asal Sanggau, a.n Suamah Alwi Sinem dari Kloter 11 asal Sanggau, dan a.n Murad Syafii Dhalim dari Kloter 11 asal Sanggau.

Dalam kesempatan itu, Dia juga mengungkapkan, berdasarkan Qur’ah Maktab Tahun 1438H/2017M, selama berada di Makkah, JCH Kloter 13 akan menempati pemondokan di wilayah Jarwal Maktab 56 Sektor 09 No. Rumah 905.

"Jamaah tertua dalam Kloter 13 adalah Sumono Abdullah Sadjadi (86) asal Kabupaten Sintang. Sedangkan yang termuda adalah Admiral Hazel Rabbani (19) asal Kota Pontianak," tambah Subadi.

Admiral Hazel Rabbani, saat diwawancara Haluan Kepri di sela-sela acara pelepasan Kloter 13 mengaku senang bisa kembali menunaikan ibadah haji. "Sebelumnya pada 2005 saya juga sudah menunaikan haji," ucap mahasiswa semester VII Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung ini.

Dia mengaku mendaftar haji sejak 2011 lalu. "Alhamdulillah, tahun ini saya diberi kesempatan lagi berhaji bersama orang tua," ucapnya lagi.

Anak pasangan Herlambang dan Nadiana Dewi ini pun berharap bisa menunaikan ibadah bersama para teman dan sahabatnya di musim haji selanjutnya. "Banyak teman yang minta didoakan di Tanah Suci. Insha Allah, semoga musim haji selanjutnya bisa menunaikan ibadah haji bareng teman-teman dan sahabat," ucapnya lagi.

Sementara, Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kalimantan Barat, Drs. Alexander Rombonang, MMA, mengharapkan semoga jamaah Kloter 13 dapat memaksimalkan waktu untuk ibadah.

"Untuk itu, jamaah harus menjaga kesehatan, kebugaran, dan istirahat yang cukup. Makan yang teratur, banyak minum air putih. Kami mendoakan, semoga rangkaian ibadah haji bisa dilaksanakan," ucapnya saat menyampaikan pesan Gubernur Kalbar.

"Jika ada masalah, cepat beritahu petugas haji. Mohon jaga kekompakan, jaga diri baik-baik, ikuti aturan, dan doakan negeri kita tetap aman, damai, dan sejahtera," ucapnya lagi

Sampai berita ini diturunkan, JCH Kloter 13 tengah bersiap menaiki pesawat Saudi Arabian Airline no flight SV 5519 yang akan take off dari Bandara Hang Nadim Batam pada pukul 21.10 WIB tadi malam. "Dan Insha Allah akan tiba di bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Medinah pada 12 Agustus 2017 pukul 02.00 Waktu Arab Saudi (WAS)." Menurut jadwal, Kloter 13 akan tiba kembali di Tanah Air pada 20 September 2017 pukul 23.00 WIB.

Seiring berangkatnya Kloter 13, JCH Kloter 14 sudah masuk Asrama Haji Batam. Menurut rencana, Kloter 14 akan diberangkatkan via Bandara Hang Nadim pukul 22.50 WIB malam ini. (fhy)

 

Share