Minggu02182018

Last update05:00:00 AM

Back Batam BC Launching "Ion Beta" Layanan Online

BC Launching "Ion Beta" Layanan Online

Wacanakan 13 Item Aplikasi Pelayanan, dan Perizinan Sistim Online

BATAM (HK) - Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai (BC), Tipe B Kota Batam, terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas kerja, sistim pelayanan online, maupun peningkatan sarana dukungan pelayanan di Kantor KPU BC Batam.

Hal itu ditandai dengan melaunching sebuah aplikasi "Ion Beta" menggunakan sistim online. Sehingga untuk pengajuan izin bongkar, serta izin muat barang dagangan itu, dapat diajukan melalui aplikasi online.

Kepala KPU BC Tipe B Batam, Susila Brata mengungkapkan, semua langkah, serta upaya perbaikan sistim pelayanan yang dilakukan BC Batam merupakan satu komitmen pemerintah untuk bisa memberikan kemudahan terhadap pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya.

"Dengan menggunakan aplikasi sistim online, ini bertujuan agar kontak lansung antara pihak petugas dengan pelaku usaha dapat terbatasi. Sehingga akan mendatangkan efisiensi waktu, energi, maupun biaya," kata Susila Brata, kemarin.

Sehingga, ucap Susila, dengan kemudahan itu, dampaknya akan dapat dirasakan oleh semua perusahaan serta pelaku usaha di bidang jasa layanan pengangkutan, serta jasa pelayanan ekspedisi umum lainnya.

"Sekarang, sudah ada 2 aplikasi sistim online yang sudah dapat digunakan. Diantaranya itu pengurusan izin kirim dan izin bongkar barang barang ekspedisi, melalui sebuah aplikasi Ion Beta ini," ungkapnya.

Artinya, ucap Susila, mulai hari ini sistim telah dapat konek dengan komputer masing-masing. Sehingganya, tidak perlu lagi datang ke kantor BC Batam ini. "Cukup dengan mengakses dan mendownload sistim aplikasi online Ion Beta yang disediakan KPU BC Batam. Bagaimana aturannya itu bisa ditanyakan langsung," sebut Susila Brata.

Untuk mendapatkan program aplikasi Ion Beta ini, ujar Susila, silahkan datang maupun mencopy sendiri, di ruangan pelayanan kantor BC Batam, yang telah disediakan.

Kabid BKLI dan Humas KPU BC Batam, Raden Evy Suhartantyo menyebutkan layanan aplikasi online "Ion Beta" ini, hasil pembuatan dari KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam itu sendiri. Yang digunakan untuk memudahkan pengguna jasa dalam melakukan pelayanan.

"Aplikasi Ion Beta, saat ini baru bisa beroperasi di Batam saja, dengan nama Izin Online Bea Cukai Batam (ION BETA)," kata Raden Evy.

Nantinya, ujar Revy, akan ada 13 jenis layanan sistim online yang segera dibuatkan. Sehingga para pengguna jasa tidak perlu lagi memakai surat permohonan manual, serta datang ke kantor Bea dan Cukai. "Cukup dengan kirimkan datanya, perusahaan itu sudah teregistrasi, sudah mendapat user ID dan Pasword. Sehingga tidak bisa sembarang orang yang dapat mengirim," paparnya.

Nantinya, paparnya, data yang telah masuk itu akan dikirimkan dalam bentuk respon ataupun data elektronik dari KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam.

"Selanjutnya, data jawaban akan terkirim atau masuk ke inbox pengguna jasa tersebut. Dan  dapat dicetak lansung apabila pihak usernya  memerlukan cetakan. Jadi, ngak perlu datang ke Kantor Bea Cukai setiap hari," kata Revy.

Untuk keamanan website itu sendiri, ujar Revy meyakinkan, bahwa layanan online Ion Beta itu akan aman dari tangan-tangan usil. "In sya Allah aman, kita punya kepala seksinya yang kusus membidangi IT nya. Beliau adalah mantan dari Direktorat Bea Cukai Pusat, tentu yang telah berpengalaman bagus," tukas Revy. (vnr)

Share