Rabu12132017

Last update12:00:00 AM

Back Batam Masyarakat Diminta Sukseskan Sensus Penduduk

Masyarakat Diminta Sukseskan Sensus Penduduk

BATAM CENTRE- Seluruh elemen masyarakat yang ada di Batam diminta berpatisipasi menyukseskan sensus penduduk yang dilakukan petugas Badan Pusat Statistik (BPS) pada 1-31 Mei. Pasalnya, data sensus penduduk ini akan digunakan sebagai data yang valid dalam administrasi kependudukan.

"Layani petugas sensus dengan sebaik-baiknya. Berikanlah informasi dan data jumlah anggota keluarga serta orang yang tinggal bersama kita dengan sejelas-jelasnya," ujar Walikota Batam Ahmad Dahlan kepada Sijori Mandiri, Sabtu (14/5).

Hasil data kependudukan yang dikakukan petugas sensus sangat penting artinya untuk kelangsungan pembangunan. Artinya, data hasil sensus ini menjadi referensi administrasi kependudukan untuk berbagai program pemerintahan.

Data sensus penduduk yang diberikan kepada petugas ini nantinya juga berguna untuk melayani kepentingan masyarakat. Memberikan data kependudukan yang akurat memiliki manfaat yang besar dalam administrasi kependudukan.

"Kalau masyarakat tidak terdaftar dalam administrasi kependudukan, tentunya tidak bisa menuntut haknya, seperti dalam layanan KTP dan berbagai program pemerintahan lainnya," katanya.

Menurut Dahlan, dalam menyukseskan sensus penduduk, Pemerintah Kota (Pemko) Batam sudah meminta seluruh jajaran di kecamatan, lurah hingga tingkat RT/RW menyukseskannya. Berbagai program sosialisasi melalui birokrasi pemerintahan itu juga sudah dilakukan sebelumnya.

"Mensukseskan sensus penduduk, para pejabat di tingkat kecamatan hingga RT/RW diminta tetap berperan aktif. Jika ada masyarakat yang susah didata, segera dilakukan pengecekan dan dilaporkan," katanya mengingatkan.(sm/rl)

Share