Minggu05282017

Last update05:00:00 AM

Back Batam Diskusi Sijori Mandiri - Media Jadi Acuan Berbahasa Masyarakat

Diskusi Sijori Mandiri - Media Jadi Acuan Berbahasa Masyarakat

BENGKONG - Media massa telah menjadi acuan masyarakat dalam menggunakan Bahasa Indonesia. Namun, bahasa yang dipakai seringkali tak sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tema ini diangkat Harian Pagi Sijori Mandiri dalam diskusi mingguan yang diadakan Jumat (21/5) di kantor Sijori Mandiri. Dalam diskusi Sijori Mandiri menhadirkan drs Imam Budi Utomo, MHum, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), sebagai narasumber.

"Bahasa yang digunakan media massa sering menjadi acuan masyarakat terutama anak sekolah dalam pelajaran Bahasa Indonesia," katanya. Kekeliruan bahasa yang kerap dilakukan media, menurut pengamatannya, sering membingungkan para pelajar dalam belajar bahasa. Padahal, Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran penting dalam ujian nasional. Banyak pelajar yang mendapat nilai rendah untuk pelajaran ini.

Kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah berbahasa yang benar itu kemudian ia pahami demi efektivitas dan efisiensi serta perwajahan media itu sendiri. Namun, Imam berpendapat agar tetap berbahasa Indonesia sesuai kaidah yang berlaku tanpa menghilangkan substansi informasi yang ingin disampaikan penulisnya.

Diskusi yang diikuti para redaktur, redaktur pelaksana dan pemimpin redaksi harian ini berlangsung dinamis selama satu jam. Imam mengambil contoh tulisan-tulisan di koran Sijori Mandiri dan koran lain lalu mengacu pada kaidah bahasa yang benar.

Tulisan dalam lead dan judul menjadi perhatian peserta diskusi, seperti penggunaan kata atau kalimat yang tidak efektif dan efisien, huruf besar pada kata sambung, hingga penulisan gelar pada nama seseorang.

"Bahasa media memang memiliki ragam bahasa yang berbeda dengan bahasa yang dipakai dalam karya ilmiah atau sastra. Seperti dalam dunia sastra, media juga bisa menciptakan kata baru yang kemudian menjadi populer dan diikuti masyarakat," papar Imam. (sm/ll)

Share