Rabu12132017

Last update12:00:00 AM

Back Batam Raden dan Kartika Jadi Duta Wisata

Raden dan Kartika Jadi Duta Wisata

Fajar dan Kartika dinobatkan sebagai Encik dan Puan Duta Wisata Batam 2012, Sabtu (9/6) di Hotel Planet Holiday. CECEP/HALUAN KEPRIJODOH (HK) Raden Muhammad Fajar dan Kartika akhirnya terpilih sebagai Encik dan Puan Duta Wisata Kota Batam tahun 2012. Keduanya terpilih usai menyisihkan para finalis lain dalam "Malam Penobatan dan Penganugerahan Encik dan Puan 2012," yang di Hotel Planet Holiday, Sabtu (9/6) malam.


Kegiatan yang bertajuk "Fiesta And Make Your Dream Come True" itu digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam untuk mencari duta pariwisata Kota Batam yang memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Selain itu kegiatan tersebut juga untuk mencari encik dan puan yang kreatif, inspiratif dan dinamis.

Berdasar lima dewan juri yakni Ece Chandra (Derma PKK Batam), Caterina Eng (PHRI), Raja Gukguk (IKA), Dodi Amatondang serta M Zain (Kabid Seni Pariwisata Disparbud Batam), Fajar dan Kartika dinobatkan sebagai Encik dan Puan Duta Wisata Batam 2012.

Sedangkan Encik dan Puan di tempat kedua diraih oleh Mulyadi dan Renny. Encik dan Puan ketiga diraih oleh Raja Fahrullah dan Gina. Semantara Ricky Firmansyah dan Mentari suci terpilih sebagai Encik dan Puan favorit dari hasil poling sms.

Pemenang pertama mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp4 juta. Disamping itu juga mendapatkan penerbangan percuma pergi-pulang (PP) dari Batam ke Bali. Selain itu pemenang pertama juga berkesempatan untuk mempromosikan khazanah dan kebudayaan dan kepariwisataan tanah Melayu ke Genting Highland, Malaysia pada bulan Juli mendatang.

Sedangkan peringkat kedua mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp3 juta. Sementara peringkat ketiga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp2 juta, serta Encik dan Puan favorit mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp1 juta.

Raden Muhammad Fajar mengaku, dirinya sengaja pulang ke Batam dari Malaysia untuk mengikuti duta wisata 2012.

"Saya kuliah di Malaysia, dan pulang ke Batam hanya untuk mengikuti acara pemilihan duta wisata ini," katanya.

Hal ini dilakukannya, karena ingin lebih jauh memperkenalkan dunia pariwisata yang ada di Batam. Untuk mewujukan itu semua, dia rela mengambil izin kuliah. Menurut Fajar, selama di Malaysia, dia telah memperkenalkan pariwisata yang ada di Batam kepada para pelajar Malaysia khususnya.

Sebelumnya, Walikota Batam, Ahmad Dahlan dalam sambutannya berpesan, siapapun yang terpilih diharapkan bisa membawa dan meperkenalkan dunia kepariwisataan yang ada di Batam, baik ke tingkat nasional maupun internasional.

"Siapapun encik dan puan yang terpilih sebagai duta wisata Batam nanti, bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya kesempatan yang ada, untuk membantu memperkenalkan Batam lewat parawisatanya," katanya.

Kata Dahlan, Batam merupakan daerah yang memiliki tempat pariwisata terbanyak diantara wilayah yang ada di Kepri. Untuk membangun Batam menjadi lebih baik kedepannya butuh SDM yang handal. Dimana encik dan puan ini juga merupakan bagian upaya untuk membangun Batam lewat kepariwisataan yang ada.

"Semoga bermacam ragamnya kepariwisataan yang ada di Batam bisa menjadi pemasok devisa ," tuturnya lagi.

Ketua Panitia Pelaksana, Ahmad Arfah mengatakan acara ini merupakan kegiatan yang keenam kalinya digelar. Pada tahun ini diikuti oleh 120 peserta. Namun pada perjalannya yang masuk final hanya 20 kontestan. (cw62)     

 

Share