Minggu12172017

Last update12:00:00 AM

Back Batam Pasien RSOB Tidak Gunakan Hak Pilih

Pasien RSOB Tidak Gunakan Hak Pilih

SEKUPANG - Sekitar seratusan pasien yang sedang dirawat di Rumah Sakit Otorita Batam (RSOB), tidak ikut memilih pada hari pencoblosan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Kepri, Rabu (26/5). Mereka tidak memilih lantaran Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di rumah sakit ditiadakan. Sementara itu, KPPS terdekat dan KPUD Kota Batam juga tidak mendatangi tempat tersebut agar mereka dapat memberikan suaranya.
Tidak adanya pasien dan keluarganya yang menggunakan hak pilih, setidaknya terlihat di RSOB, Sekupang. Para petugas di rumah sakit milik Otorita Batam itu menyatakan bahwa tidak ada pasien yang terlihat keluar atau meminta izin untuk menggunakan hak pilihnya.

Humas RSOB, Wawan Setiawan saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, menyatakan belum mendapatkan pemberitahuan dari KPU Kota Batam sebelumnya. Sehingga ia tidak tahu, bagaimana proses bagi para pasien untuk memberikan suaranya.

"Tidak ada pemberitahuan dari KPU, dan hari ini saya juga lagi libur," ungkap Wawan saat dihubungi via telepon, kemarin.

Ditanya mengenai jumlah pasien yang sedang dirawat di RSOB, Wawan mengaku tidak tahu pasti. Namun saat disebut apakah jumlahnya mencapai seratus pasien, Wawan pun tidak membantahnya.

"Tidak tahu pasti ya (jumlah pasien dirawat), karena tiap hari kan naik turun. Ya mungkin sekitar segitu (100 pasien)," ujarnya.

Menurut Wawan, pada pemilu sebelumnya, ada petugas khusus yang mendatangi para pasien yang lagi dirawat. Ia tidak tahu, mengapa dalam pemilukada kali ini tidak ada. Sementara pemberitahuan untuk mencoblos di TPS terdekat, juga tidak diterimanya.

Ketua KPU Kota Batam, Hendriyanto saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut mengatakan, pasien yang berada di rumah sakit dapat menggunakan hak pilihnya di TPS terdekat. Hal ini sesuai dengan surat edaran dari KPU Provinsi Kepri.

"Sesuai surat edaran KPU Provinsi Kepri, pasien dapat menggunakan hak suaranya di TPS terdekat," ungkapnya. (sm/33)

Share