Rabu09202017

Last update05:00:00 AM

Back Bintan Ketua TP PKK Bintan Minta OPD Bersinergi

Ketua TP PKK Bintan Minta OPD Bersinergi

Jelang Penilaian Tim Dari Kemenkes RI

BINTAN (HK)- Setelah dinyatakan lulus seleksi dari beberapa tahapan, akhirnya Kabupaten Bintan kembali terpilih masuk nominasi untuk menerima penghargaan Kabupaten Sehat tingkat Nasional tahun 2017.
Tim juri dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI dalam waktu dekat akan turun ke daerah Bintan untuk melakukan penilaian. Menyikapi hal tersebut, Ketua TP PKK Bintan Debby Apri Sujadi meminta semua OPD di lingkup Pemkab Bintan dapat bersinergi.

"Untuk menghadapi penilaian ini, tentunya saya sangat berharap agar semua OPD bisa bersinergi dengan program-program yang mendukung penilaian Kabupaten Sehat. Karena tim verifikasi kabupaten/kota sehat tingkat Nasional sewaktu-waktu akan turun ke Bintan)," kata Debby, Minggu (10/9).

OPD yang paling mendapatkan perhatian khusus dari istri Bupati Bintan itu di antaranya, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP), Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dekranasda serta unsur PKK.

Debby meminta semuanya harus sudah bisa menunjukkan sekaligus memperlihatkan peranan dan program-program unggulannya.

"Dengan begitu kita berharap, Bintan bisa kembali meraih penghargaan itu," ucapnya.

Program yang dijual kepada tim penilai, menurut Debby, masih seputaran pengelolaan bank sampah dan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
Kedua program unggulan ini, kata dia, sudah mengantarkan Bintan masuk nominasi dari 173 kabupaten/kota se-Indonesia, terpilih 78 kabupaten/kota termasuk Bintan. Debby mengaku senang.

"Targetnya tetap kita ingin mendapatkan penghargaan tersebut," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pemberian penghargaan terhadap pelaksanaan program kabupaten/kota Sehat tingkat Nasional dilakukan setiap 2 tahun sekali pada tahun ganjil.

Dalam selang waktu tersebut dilaksanakan seleksi terhadap kabupaten/kota oleh tim seleksi kabupaten/kota Sehat tingkat provinsi. Selanjutnya pengiriman hasil seleksi diserahkan kepada tim penilai tingkat Pusat.

Penghargaan nantinya diklasifikasikan antara lain, penghargaan PADAPA (Pemantapan) dengan penilaian minimal 2 tatanan, penghargaan WIWERDA (Pembinaan) dengan penilaian 3-4 tatanan dan penghargaan WISTARA (Pengembangan) dengan penilaian lebih dari 5 tatanan. Tahun 2015 lalu, Bintan berhasil meraih penghargaan Kabupaten Sehat tingkat Nasional untuk kategori PADAPA.

"Kita juga mengharapkan agar masyarakat dapat ikut serta berpartisipasi karena ditargetkan ada 4 tatanan yang akan diikuti Kabupaten Bintan guna meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda yaitu kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum yang sehat, kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, kawasan industri dan perkantoran sehat serta kawasan pariwisata sehat," tutupnya.(oxy)

 

Share