Kamis11232017

Last update05:00:00 AM

Back Bintan Dirikan Bangunan Tak Kantongi Izin

Dirikan Bangunan Tak Kantongi Izin

Pendiri Yayasan Tak Hormati Aturan

BINTAN (HK) - Yayasan Pendidikan Budha Dharma yang berlokasi di Desa Galang Batang, Kecamatan Gunung Kijang,  nekad mendirikan sebuah bangunan yang hampir rampung namun  tak mengantongi  Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebagai dokumen mutlak sebelum memulai pembangunan. aerah Desa Galang Batang Kecamatan Gunung Kijang
"Saat ini mereka (pihak yayasan) baru mengurus IMB, dan kami masih menunggu dokumen lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup. Karena untuk menerbitkan IMB, kami memerlukan dokumen-dokumen dari dinas terkait lainnya salah satunya dokumen lingkungan itu," kata Alfeni Harmi selaku Kabid perizinan di DPMPTSPTK Bintan, Rabu (13/9).

Dalam hal ini pemerintah sudah kecolongan, hal ini membuktikan bahwa pengawasan di lapangan masih lemah. Terlebih lagi, pembangunan tersebut diperuntukan untuk pusat pendidikan bagi agama tertentu. Sehingga diperlukan pengawasan yang lebih, agar kemungkinan-kemungkinan buruk tidak terulang lagi seperti keberadaan yayasan keagamaan yang ada didaerah Sekuning, Kecamatan Teluk Sebong yang ditemukan banyak orang asing menetap secara ilegal.

Pemerintah kecamatan sendiri berdalih kalau perizinan yayasan sudah lengkap. Sehingga pembangunan bisa dilaksanakan. "IMB itu sudah ada, sudah lengkap. Cuman mereka itu kurang koordinasi sama Kesbangpol saja, karena disana kan untuk kegiatan keagamaan," ungkap Camat Gunung Kijang, Satridha melalui sambungan telpon.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Bintan Karya Hermawan menuturkan, kalau pembangunan yayasan keagamaan di Galang Batang tidak sesuai aturan karena belum memiliki izin namun pembangunan sudah dilaksanakan. "Belum ada izin," katanya.

Pembuktian kalau pihak yayasan tersebut belum memiliki izin, pihak Kesbangpol Bintan telah menerbitkan surat pada bulan Agustus kemarin supaya pihak yayasan memberhentikan aktifitas pembangunan karena belum memiliki izin.

Pembangunan Yayasan Pendidikan Budha Dharma yang merangku Primer Koperasi Kartika Wira Pratama milik Korem 033/WP itu sudah berdiri dan hampir rampung pembangunannya saat ini. Disana berdiri sebuah bangunan megah yang disinyalir menjadi pusat pendidikan keagamaan dihiasi patung-patung dan ornamen agama tertentu. (oxy)

Share