Rabu09202017

Last update05:00:00 AM

Back Bintan DPRD Sidak Sekolah Jual Buku

DPRD Sidak Sekolah Jual Buku

SDN 007 Lobam Jadi Sasaran

BINTAN (HK) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bintan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke SDN 007 Lobam Kecamatan Seri Koala Lobam, Rabu (13/9) pagi. Sidak yang dipimpin Ketua Komisi III DPRD Bintan Fiven Sumanti ini terkait adanya laporan praktik jual-beli buku Lembar Kerja Siswa (LKS) di sekolah tersebut.
Pasalnya, laporan yang diterima wakil rakyat itu ada dua buku yang dijual kepada siswa padahal mata pelajarannya sama. "Satu buku tidak masalah, tetapi kalau sampai dua buku dengan mata pelajaran yang sama akan jadi masalah. Kepala sekolah harus memanggil orangtua siswa untuk menjelaskannya," kata Fiven.

Anggota DPRD Bintan lainnya, Hesti Gustrian juga mengatakan, buku LKS yang dijual kepada siswanya hanya berbeda penerbit, namun mata pelajarannya sama. "Kenapa harus dua, cukup satu saja. Lagian hanya beda penerbit saja," kata Hesti mempertanyakan.

Dua buku LKS yang dijual satub diterbitkan Ajar dan satu lagi terbitan medali dijual kepada para siswa. Kepala Sekolah Dasar Negeri 007, Yuliana menjelaskan alasannya karena buku paket yang dipesan belum datang sehingga orangtua meminta agar ada buku LKS. "Saya cuma bantu orangtua. Yang mau silakan membeli, yang tidak kami tidak paksa," katanya.

Berkaitan dengan dua buku LKS yang diterbirkan dua penerbit, Yuliana beralasan kalau hal tersebut merupakan permintaan orang tua. Kata dia, alasan orangtua, satu bisa digunakan di sekolah, satu lagi biasa utuk anak belajar di rumah.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Bintan, Raja Sabaria menegaskan, pihaknya sudah mengingatkan kepala sekolah maupun guru untuk tidak menjual buku. Dengan kejadian ini, ia menegur agar kepala sekolah dan guru tidak menjual buku lagi. Ke depan, jika ada orangtua yang mau membeli buku sebaiknya difasilitasi ke komite. "Atau guru bisa mengarahkan saja agar orangtua membelinya sendiri di luar," katanya. (oxy)

Share