Selasa04242018

Last update05:00:00 AM

Back Bintan Perda RTRW Bintan Bakal Direvisi

Perda RTRW Bintan Bakal Direvisi

Sejumlah Pulau Jadi Kawasan Pariwisata

BINTAN (HK) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan berencana akan merevisi Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) terhadap pulau-pulau yang sudah terlanjur terbangun menjadi kawasan pertanian. Hal ini dilakukan mengingat pesatnya investor yang ingin membangun pulau-pulau di Bintan untuk dijadikan usaha pariwisatanya berupa restourant,  hotel dan resort.
Rencana merevisi Perda RTRW ini, mendapat respon dari pihak legislatif Bintan. Dikarenakan berdasarkan Perda RTRW pulau-pulau tersebut dijadikan kawasan pertanian, mau tidak mau pemerintah dan legislatif Bintan mesti menyesuaikan kondisi terkini untuk menunjang kemajuan Bintan sebagai daerah destinasi pariwisata.

Sebagai contoh Pulau Cempedak dan Pulau Riau yang sedang dikembangkan investor asing untuk membangun resort, ternyata pada Perda RTRW pulau-pulau yang sudah terlanjur terbangun itu merupakan kawasan pertanian. Tentu saja, apa yang dilakukan investor asing bertabrakan dengan aturan yang telah dibuat.

Wakil Ketua II DPRD Bintan, Trijono mengungkapkan, Perda RTRW Bintan memang seyogyanya harus direvisi. Karena beberapa kawasan sudah banyak yang beralih fungsi. Namun, Ia membantah jika revisi Perda RTRW menyesuaikan dengan pembangunan yang saat ini sudah terjadi.

"Bukan menyesuaikan, tetapi kita memperhatikan kondisi saat ini. Makanya kita akan merevisinya (Perda RTRW)," bantah Trijono di Kantor DPRD Bintan, Senin (12/2).

Namun, belum diketahui secara pasti kapan Perda itu akan disempurnakan agara daerah-daerah di Bintan arah pembangunannya semakin jelas dan tidak berbenturan dengan aturan hukum. Apalagi, isu penambangan boksit belakangan begitu santer jadi perbincangan publik terutama di Bintan.

Belum jelas, kawasan mana yang akan ditetapkan sebagai kawasan pertambangan. Merujuk pada Perda RTRW saat ini, kawasan pertambangan berada diarea Galang Batang, Kecamatan Gunung Kijang dan kawasan pariwisata berada diarea kawasan Lagoi.

Sementara daerah-daerah pulau merupakan kawasan pertanian termasuk juga sebagian besar di Kecamatan Toapaya yang sudah ditetapkan sebagai kawasan pertanian. (oxy)

Share