Selasa06192018

Last update05:00:00 AM

Back Bintan Kayu Gelondongan Diamankan Polisi

Kayu Gelondongan Diamankan Polisi

Tiga Pelaku Ditangkap

BINTAN (HK) - Sebanyak 70 batang kayu gelondongan yang diangkut sampan pompong berhasil diamankan pertugas Satpol Air Polres Bintan, Jumat (9/3) dini hari. Penangkapan dilakukan di perairan bagian luar Desa Kelong, Kecamatan Bintan Pesisir. Selain mengamankan kayu-kayu gelondongan, petugas juga menangkap tiga orang warga Lingga yakni Wardi (31), Sabrianto (32) dan Amid.
Kasatpol Air Polres AKP Norman DJ mengatakan, pengungkapan ilegal loging ini bermula ketika jajarannya melakukan patroli sejak Kamis sore kemarin. Tepat di koordinat 104" 41.247" E dan 0" 49.419" N, pihaknya kata dia, mendapati ada sebuan sampan pompon berjalan lambat.

Saat didekati sambung Norman, ternyata pada bagian belakang terdapat tumpukan kayu gelondongan yang ditarik dengan sampan tersebut. "Berdasarkan keterangan dari ketiga orang yang kita amankan, kayu-kayu itu dari Kampung Mentengah Lingga hendak dibawah kedaerah Malang Rapat, Gunung Kijang," kata Norman, Jum'at pagi.

Karena pengangkutan kayu-kayu yang diperkirakan panjangannya mencapai 13 meter tanpa dokumen lengkap, kemudian Norman berujar, kayu dan ketiga orangnya langsung diamankan guna pemeriksaan lebih lanjut. "Informasinya untuk buat kelong apung di Kawal," katanya.

Kayu-kayu gelondongan dan ketiga orang tersebut kata Norman masih diamankan di Kantor Satpolair Polres Bintan untuk diperiksa lebih lanjut. Ketiganya terancam dijerat pasal tentang pengangkutan hasil hutan tanpa dilengkapi izin ataupun dokumen. (oxy)

Share