Minggu11192017

Last update05:00:00 AM

Back Entertain Shopping Melanny Pemilik Aroma Cake Buah Naga

Melanny Pemilik Aroma Cake Buah Naga

Terobsesi Dari Buah Naga

Siapa yang tak kenal dengan Melanny (29), wanita ini telah berhasil mempopulerkan oleh - oleh asli Kota Batam yang saat ini sudah terkenal dengan kelezatannya ke berbagai daerah hingga ke mancanegara.
Wanita kelahiran Dumai, Riau ini awalnya hanya iseng iseng dan hanya berawal dari mimpinya yang tidak pernah diduga sebelumnya. Kebiasannya yang suka jalan-jalan ke salah satu tempat wisata ikon di Kota Batam membuat Melanny bersama suaminya Beni Saputra memiliki ide untuk menciptakan makanan khas dari Kota tempat perantauannya.

" Awalnya kami hanya jalan - jalan, biasalah kalau hari libur kan banyak orang yang ke Barelang sambil melihat pemandangan indahnya laut di Kota Batam, jadi kalau di Barelang kan banyak perkebunan Buah Naga disitulah awalnya kami mengamati sambil memikirkan ide untuk buat makanan khas oleh - oleh khas dari Batam yang bahan bakunya dari Buah Naga, " kenangnya.

Dari buah Naga itulah Melanny bisa meraih berbagai penghargaan di bidang wirausaha dan bisa membawa ikon terbaik oleh - oleh khas dari Batam.

-Tinggalkan Karir di Dunia Perbankan.

Tak dipungkiri lagi bahwa Buah Naga sangat berjodoh dengan Melanny, pasalnya dari hasil ide yang ia pikirkan sebelumnya akhirnya bisa di presentasikan olehnya menjadi penganan yang khas dan asli dari Kota Industri.

Yang memang pada saat itu buah Naga lagi bagus -bagusnya di Batam, apalagi banyak masyarakat yang sangat suka dengan buah naga selain bisa menghilangkan dahaga, buah naga juga sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena mengandung banyak vitamin.

" Saat itu jugalah timbul dibenak saya untuk mengolah buah ini menjadi jajanan yang spesial, " jelasnya.

Kemudian dengan ide itu, Melanny menyampaikannya kepada suaminya Beni Saputra, yang lulusan sekolah perhotelan yang memang paham dengan dunia kuliner, maka dalam waktu kurang satu bulan, terciptalah Cake berbahan dasar buah naga yang merupakan hasil inovasi di Indonesia khususnya Kepri.

" Pengalaman pertama buat cakenya gagal total, sebab karekter buahnya yang sangat banyak mengandung air, sehingga harus memang perlu perhatian ekstra dalam pembuatannya. Dan pengalaman kedua, berkat perhatian ekstra itu akhirnya cake buatan aku bisa terealisasi sempurna, " tambahnya.

Memang sebelummnya, Melanny merupakan salah satu karyawan di Bank BTN ( Bank Tabungan Negara ) cabang Batam, saat itulah Melanny mencoba untuk membawakan ceke hasil buatannya ke kantornya dan menawarkan kepada para karyawan lain yang memang rekanannya dikantor untuk mempersilahkan untuk mencicipinya.

" Mereka semua pada suka, sampai-sampai atasan saya juga suka, " kenangnya, saat Haluan Kepri berkunjung dikediamannya.

Tiga bulan kemudian, Melanny memutuskan untuk resign, melepaskan karir yang sudah dia jalani selama 9 tahun dan berperinsip untuk memulai suatu bidang usaha jangan setengah-setengah, dan harus ada yang dikorbankan demi mencapai suatu keberhasilan, dan akhirnya  karir yang dia jalani harus ditinggalkannya.

Tidak hanya karir, demi terwujudnya impian Melanny dan suaminya juga harus rela menjual mobil dan menggadaikan rumah yang mereka miliki untuk bisa mewujudkan usaha yang diinginkan sebagai modal awal usaha. Akhirnya pada tanggal 6 juni 2011, CV Aroma Cake Buah Naga resmi berdiri.

Dengan kerja keras Melanny bersama suaminya dalam mempromokan hasil karya mereka, hingga akhirnya sampai sekarang Cake Buah Naga bisa exist dipasaran, dari penjuru Batam bahkan hingga ke mancanegara.

Pada pertengahan September tahun 2013 lalu, Melanny berhasil mempromosikan hasilnya di event UKM di Malaysia, dengan mengikuti  pameran di forum APEC yang diadakan di Bali dan mengikuti ajang wanita wirausaha mandiri pada tahun 2013 yang digelar di Hotel Shangrilla Jakarta.

Dalam ajang yang ia ikuti di Hotel Shangrilla, Melanny meraih peringkat ke dua dari 460 peserta yang ikut di acara itu , Melanny juga mendapatkan penghargaan dari Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah yakni inovasi dalam pengembangan Buah Naga menjadi kue Cake, tidak hanya itu, Melanny juga pernah mendapatkan penghargaan The Best Inovatif Company Word juga diberikan oleh Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah beberapa waktu ini.

Dalam kurun waktu dua tahun, kerja keras yang dijalankan Melanny bersama suaminya membuahkan hasil, yang sebelumya hanya memiliki 1 outlet, saat ini Melanny dan suaminya sudah memiliki 11 kantor cabang yang tersebar di penjuru Kota Batam. Begitu juga dengan karyawannya yang kian bertambah dari hanya 6 orang kini sudah menjadi 60 orang.

" Kini kami juga sudah bisa melayani delivery order dan sudah memiliki website resmi sehingga memudahkan para pelanggan hingga ke seluruh Indonesia, " ungkap Melanny.

Demi mengembangkan bisnis yang ia jalani, kini Melanny juga melakukan inovasi produk, dengan menambahkan berbagai macam rasa, yang awalnya hanya memiliki 6 rasa saja yakni Original, Blueberry, Stroberry, Almond, cokelat dan keju, sekarang sudah ada tambahan berbagai rasa baru lainnya seperti, rasa Moka, Pandan, Apel, Kacang Merah, Exotic, Redbean,Victoria, Dragon Apple.

"Dan sekaramg kami sudah menyiapkan olahan terbaru juga beberapa kue kering yang terbuat dari buah naga berupa Bilis Gulung Naga, Stick Buah Naga dan Pangsit Buah Naga," terang Melanny kembali.

Dengan terobsesi dari buah naga, kini usaha oleh - oleh  yang dijalankan olehnya bersama keluarganya sudah membuahkan hasil, dari buah naga dengan memiliki 11 cabang di penjuru Batam dengan menghadirkan aneka menu menu kek yang beraneka, dengan harga yang sangat terjangkau.

Sebagai langkah menuju kelas internasional, Melanny sudah merintis berbagai kerja sama dengan pemerintah lokal, hotel dan beberapa tour and travel.

“Alhamdulillah semua pihak membantu sekali sampai kita memiliki banyak permintaan dari masyarakat Malaysia dan Singapura, berkat dukungannya sekarang kami sudah memiliki outlet di setiap pelabuhan internasional dan di bandara juga,” tutur Melanny.

Bisnis oleh - oleh memang sangatlah menggiurkan apalagi sudah merasakan hasil dari apa yang dilakukan,  dengan selalu memberikan kepercayaan kepada setiap pelanggan orang pasti akan melihat mana yang terbaik.

Seiring dengan berjalannya waktu, banyak pengusaha lainnya yang juga ikut tergiur dengan usaha yang di jalankan wanita muda ini, "Tapi yang original pasti hanya di Aroma Kek Buah Naga," ungkap Melanny sambil mengahiri ucapannya.(cw88)

Share