Kamis11232017

Last update05:00:00 AM

Back Entertain Shopping Mutohar, Pengelola Es Pisang Ijo Maligai

Mutohar, Pengelola Es Pisang Ijo Maligai

Meraup Untung Dengan 7 ribu

Pria yang akrab disapa Tohar ini adalah bukan siapa-siapa bahkan tidak mempunyai keahlian yang khusus. Tetapi berkat perjuangannya sejak merantau ke Batam 9 tahun silam, membuatnya menjadi orang yang dikenal sebagai pengelola Es Pisang Ijo yang telah mempunyai beberapa cabang di Batam.
Dulunya, Ia telah menjalani berbagai macam pekerjaan yang tak bisa disebutkan satu persatu. Mulai dari buruh, berjualan keliling dan pada akhirnya mengola usaha kuliner khas Sulawesi sampai sekarang.

Meskipun tidak mempunyai keahlian khusus, tetapi berkat kerjasama dengan temannya. Ia bisa memulai membangun kerajaan bisnis es pisang ijo. Dan tak tanggung-tanggung kuliner yang dikelolanya ini telah tersebar dibeberapa tempat yang strategis di Batam, seperti SPBU dan kantor pemerintahan di Batam Centre.

"Saya memulai bisnis ini sejak dua tahun silam, yang awalnya saya diajak oleh teman saya. Hingga saat ini pun saya mengelolanya bersama teman akrab. Es pisang ijo merupakan kuliner khas Sulawesi, yang kebetulan teman saya juga orang Sulawesi, dan pembuatannya dikreasikan bersama" terang Tohar.

Dalam mengelola dan mengembangkan kuliner ini dulunya tak semudah ini. Awalnya Tohar dan temannya memasarkan es pisang ijo ini dengan berkeliling memakai kendaraan seadanya yaitu motor. Setelah itu Tohar dan temannya mulai mencari ide untuk membuka otlet ditempat yang strategis. Tempat yang dituju pertama kalinya yaitu di lokasi mustafa mart di Batam Centre, dan sejak itulah usaha ini telah mulai berkembang.

"Menjadi berkembang seperti sekarang ini tidaklah mudah, banyak usaha yang telah saya lakukan bersama teman. Mulai dari berjualan keliling menggunakan sepeda motor dan akhirnya secara bertahap saya dan teman sepakat untuk mencari tempat yang strategis untuk buka otlet es pisang ijo ini. Dan alhamdulillah, sekarang kami telah mempunyai beberapa otlet di Kota Batam, bahkan rencananya kami mau buka cabang di Pekanbaru " terang ayah satu anak ini.

Tohar juga menambahkan, dalam memasarkan usahanya sekarang bukan hanya mengandalkan rasa tetapi juga pelayanan, kebersihan dan yang paling utama adalah soal harga. Karena meskipun kulinernya enak tetapi mahal, hanya sebagian yang bisa membelinya. Sehingga dengan memberikan harga yang murah, enak dan bersih sudah tentu terjangkau bagi semua kalangan.

"Saya hanya menjual es pisang ijo ini dengan harga Rp 7 ribu. Dengan harga ini, siapapun akan mampu membelinya bahkan anak sekolah pun bisa. Selain itu juga, dengan harga murah ini jangan takut akan kualitas rasa dan kebersihannya. Karena kami mengutamakan kebersihan, agar kuliner yang kami jual dipercaya oleh masyarakat." kata Tohar.

Hanya dengan menjual es pisang ijo dengan harga yang murah yakni Rp 7 ribu, membuat usahanya lancar seperti sekarang. Bahkan telah mempunyai omset puluhan juta rupiah setiap bulannya, dan Tohar juga berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan.

Karena harga murahnya itulah ,sudah banyak yang mengenal kuliner yang satu ini. Bahkan Tohar mempunyai rencana untuk  menambah beberapa outlet lagi di Batam dan membuka cabang di Pekanbaru. Tak hanya itu, Tohar pun berencana akan membuka tempat nongkrong yang cocok buat kawula muda dalam menikmati es pisang ijo ini.

"Alhamdulillah ya mbak, dengan harga jual segitu bisa menghasilkan omset yang lumayan. Dan juga hitung-hitung bisa membantu orang yang membutuhkan pekerjaan di Batam ini, sekarang saja karyawan saya sudah mencapai puluhan. Dan mudah-mudahan kedepannya usaha yang saya rintis dengan bersusah payah ini bisa berkembang luas" tambah pria asal Kendal Jawa Tengah ini.

Tidak hanya itu, Tohar yang bekerjasama dengan temannya juga membuka beberapa usaha lainnya yakni tempat pencucian mobil dan kuliner bakso.

"Alhamdulillah mbak, usaha perlahan-lahan, insyaallah mudah-mudahan ada hasil yang lebih baik lagi. Untuk menu es pisang ijo tak hanya sekedar menjual diotlet-otlet, tetapi saya juga menerima pemesanan jika ada yang mau begitu juga dengan baksonya. Tinggal hubungi ke nomor 081372847292 ". tuturnya mengakhiri.




Share