Jumat09222017

Last update05:00:00 AM

Back Entertain Wisata Teluk Arung Ijau Merupakan Potensi Wisata Tiangau

Teluk Arung Ijau Merupakan Potensi Wisata Tiangau

ANAMBAS- Desa Tiangau yang memiliki Teluk Arung Ijau dijadikan sebagai ikon pariwisata di Anambas ramai dikunjungi wisatawan lokal. Masyarakat Tiangau telah siap desa tersebut untuk dijadikan sebagai desa wisata. Industri kerajinan pun mulai tumbuh dan warung-warung bermunculan untuk menyediakan makanan khas Tiangau.
Tokoh masyarakat Tiangau Mustansir yang juga anggota DPRD Kabupaten Kepualauan Anambas (KKA)  pada acara halal bihalal di Arung Ijau menyampaikan, potensi wisata di Tiangau akan membawa keuntungan bagi masyarakat Tiangau dan ekonomi akan meningkat dengan banyaknya pengunjung yang datang.

"Sebagai objek wisata terdekat dari pusat Tarempa yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal saat ini, Tiangau bisa cepat berkembang. Industri kecil yang sudah lama tumbuh akan mudah berkembang seiring banyaknya pengunjung ke daerah ini," katanya.

Selanjutnya ia mengatakan potensi wisata dengan pantai dan pemandangan bawah laut sangat menarik untuk wisata diving. Namun saat ini potensi tersebut belum terolah sepenuhnya. Wisatawan baru sebatas datang dan melihat-lihat pantai diselingi minum kelapa muda, dan juga sebatas memancing di dermaga.

"Arung Ijau telah diteliti oleh beberapa konsultan, potensi wisatanya dari pemandangan alam perbukitan yang menarik, pantai dan potensi alam bawah laut untuk diving. Namun untuk diving belum bisa dinikmati oleh pengunjung, karena fasilitas yang belum tersedia," katanya.

Mustansir mengharapkan Pemkab dapat mengelola potensi wisata di desa tersebut, sehingga dapat dinikmati oleh pengunjung dan masyarakat lokal. Apalagi Tiangau tidak jauh dari pusat ibukota yang mudah dijangkau dan tidak memerlukan kendaraan laut yang saat ini menjadi kendala bagi pariwisata di Anambas. "Kita harapkan Pemkab dapat mengelola potensi yang sudah ada ini. Apalagi kita tahu Tiangau gampang dijangkau dari pusat ibukota, sehingga pengunjung tak perlu lagi menyewa perahu motor untuk mencapai desa ini," katanya.

Disamping itu Mustansir juga menghimbau kepada masyarakat agar menyiapkan diri untuk mengembangkan desa tersebut. Faktor keamanan dan kenyamanan pengunjung lebih diutamakan, apalagi selama ini Tiangau  dikenal sebagai desa yang aman dikunjungi dan memiliki banyak makanan khas dengan harga terjangkau.

"Dukungan masyarakat dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung akan menjadikan desa ini aman dikunjungi. Bila pengunjung sudah nyaman, tentunya desa ini akan mudah berkembang dan pengunjung semakin ramai," katanya lagi.

Pemkab telah mengupayakan desa tersebut untuk menjadi wisata andalan di Anambas. Tiangau rencananya akan dikembangkan sebagai pusat industri kecil yang mengolah makanan khas Anambas. Hal ini didukung oleh industri kecil yang banyak dari Tiangau seperti kerupuk malinjo, keripik pisang, lempok durian, sotong kering dan penghasil kelapa. Tak jarang musim durian menjadikan Tiangau sebagai tujuan utama wisatawan lokal.(cw47)

Share