Rabu08232017

Last update05:00:00 AM

Back Karimun Dispora Gelar Lomba Gerak Jalan

Dispora Gelar Lomba Gerak Jalan

gerak jalan sedang latihanMeriahkan HUT RI ke-72

KARIMUN (HK)-Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Karimun menggelar lomba gerak jalan untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-72. Lomba tersebut dilaksanakan pada 12-13 Agustus mendatang untuk kategori 8,10 dan 17 kilometer. Sedangkan kategori 45 kilometer akan dilaksanakan pada 19 Agustus 2017.

"Kegiatan gerak jalan ini namanya pemassalan. Karena rutin setiap tahun dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karimun. Selain itu ada senam sehat untuk masyarakat yang dilakukan minggu pagi pada tanggal 13 Agustus," ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Karimun Yusrial Mahyuddin, Kamis (10/8).

Berdasarkan data sementara dari Dispora, jenjang Sekolah Menengah Atas yang mengikuti gerak jalan untuk regu putra sebanyak 24 regu dari seluruh sekolah dengan jarak tempuh sejauh 17 km. Sedangkan untuk regu putri yang mendaftar sebanyak 25 regu dengan jarak tempuh 10 km.

Kata Mahyuddin, untuk tingkat SMP regu putra yang mendaftar sebanyak 36 regu dengan jarak tempuh 10 km. Sedangkan untuk putri yang mendaftar sebnanyak 34 regu dengan jarak tempuh 8 km. Tingkat SD putra yang mendaftar sebanyak 53 regu dengan jarak tempuh 8 km. Kemudian regu putri yang mendaftar sebanyak 49 regu dengan jarak tempuh 8 km.

"Masyarakat umum serta dari instansi vertikal dan pemerintahan juga ikut memeriahkan acara gerak jalan ini. Untuk regu putra sebanyak 34 regu dengan jarak tempuh 17 km dan untuk putri sebanyak 10 km dengan jarak tempuh 10 km. Selain itu, gerak jalan 45 km tak lupa ikut meramaikan," jelasnya.

Mahyuddin menjelaskan tentang beberapa kriteria penilaian dan juri dalam pelaksanaan gerak jalan. Menurut dia, ada dua bidang juri yang dilaksanakan yaitu juri keliling yang memantau peserta saat berjalan dan juri pos. Ada 8 kriteria yang dilaksanakan juri keliling untuk memberi penilaian kepada peserta.

"Terdapat 8 kriteria yang dinilai oleh juri keliling yaitu, memantau peserta tidak boleh minum sebelum sampai ke pos yang sudah ditentukan. Kemudian penggantian peserta tidak diperbolehkan selama perlombaan berlangsung. Berkata tidak sopan kepada peserta lain. Apabila ada peserta yang melakukan akan dikurangi nilai bahkan bisa di diskualifikasi," ujarnya.

 

Selain juri keliling, juri pos memiliki anggota sebanyak 40 orang yang berasal dari umum, TNI, Basarnas, dan Polri. Sebanyak delapan pos disediakan yang berisi tiga orang dalam setiap pos.

"Untuk juri pos memiliki tiga kriteria dalam penilaian yaitu kerapian, kedisiplinan dan semangat. Kerapian dilihat dari keseragaman gerak, kesamaan gerak langkah kaki dan jarak anggota regu. Kemudian untuk disiplin dilihat dari aturan berjalan menurut UU lalu lintas, sedangkan untuk semangat dilihat dari keinginan utk menyelesaikan perlombaan sampai selesai," terangnya lagi.

Menurut Mahyuddin, rute gerak jalan pertama kali akan dimulai dari Panggung Putri Kemuning Coastal Area. Kemudian peserta akan berjalan di jalan lingkar daerah coastal area sampai memutar di PLTU tergantung jarak tempuh yang sudah di tentukan. Dia berharap, dengan mengikuti kegiatan ini bisa memacu semangat pemuda-pemudi Karimun dalam memajukan bangsa dan daerah. (cw58)

Share