Kamis08242017

Last update05:00:00 AM

Back Karimun Polres Karimun Buat Aplikasi Wajib Lapor

Polres Karimun Buat Aplikasi Wajib Lapor

KARIMUN (HK)-Polres Karimun tengah merancang sistem aplikasi wajib lapor secara terkoordinasi antara perangkat RT, RW, Lurah, Kepala Desa, Camat, Polsek hingga ke Polres Karimun. Tujuan aplikasi tersebut adalah untuk saling koordinasi semua perangkat pemerintah hingga ke tingkat RT terkait kamtibmas di wilayah Karimun. Kapolres Karimun AKBP Agus Fajaruddin mengatakan, belakangan sistem keamanan di tingkat RT dan RW sudah semakin melemah. Ini dibuktikan dengan tidak berlakunya lagi tamu yang harus wajib lapor 1x24 jam kepada perangkat RT dan RW setempat. Padahal, keharusan bagi warga pendatang yang wajib lapor tersebut sudah berlangsung puluhan tahun lamanya.

"Sekarang kita sudah mulai lupa, dulu ada tamu wajib lapor 1x24 jam. Kewajiban itu pasti ditempel di setiap rumah apalagi di depan rumah Pak RT dan RW, namun sekarang itu sudah tak ada lagi," ungkap Kapolres Karimun AKBP Agus Fajaruddin saat rapat konsolidasi tiga pilar di Rupatama Mapolres Karimun, Jumat (11/8) pagi.

Kapolres dalam kesempatan itu mengimbau kepada semua perangkat RT dan RW agar mengaktifkan lagi wajib lapor bagi warga pendatang. Bahkan, pihaknya akan melakukan apel akbar di lapangan Coastal Area Tanjungbalai Karimun dengan menghadirkan seluruh Ketua RT dan RW se Kabupaten Karimun.

"Saya sudah mulai mengagendakan, dalam waktu dekat kita akan mengadakan apel akbar yang akan diikuti oleh seluruh Ketua RT, RW, Lurah, Kepala Desa dan Camat. Dalam apel itu nanti akan kita sampaikan soal sistem pengamanan lingkungan. Salah satunya dengan menghidupkan kembali wajib lapor 1x24 jam," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan rapat konsolidasi ini merupakan hal yang bagus.  Bahkan rencananya koordinasi antar tiga pilar bukan hanya di tingkat Kecamatan saja namun ditingkatkan hingga ke tingkat desa dan kelurahan. Kegiatan tersebut jelas untuk mewujudkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat makin lebih baik lagi.

Rapat konsolidasi tiga pilar tersebut juga dihadiri Dandim 0317/TBK IGK Arta Suyasa, Dannalal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Totok Irianto, Kepala BNN Kabupaten Karimun Kompol Ahmad Soleh, para perwira di Polres, Kodim dan Lanal Karimun, sejumlah camat di Karimun. (ham)

Share