Rabu08232017

Last update05:00:00 AM

Back Karimun BI Gelar Cerdas Cermat SMA

BI Gelar Cerdas Cermat SMA

KARIMUN (HK)-Bank Indonesia (BI) mengadakan Lomba Cerdas Cermat Ekonomi dan Kebanksentralan tingkat SLTA Seprovinsi Kepulauan Riau dalam rangka HUT Bank Indonesia ke-62 di Gedung Nasional Tanjungbalai Karimun, Jumat (11/8) pagi. Cerdas cermat tersebut diikuti 16 peserta dari SMA sederajat di Karimun. "Ini merupakan kegiatan edukasi dari Bank Indonesia kepada siswa dan siswi seluruh provinsi Kepualauan Riau. Kegiatan ini kami adakan setiap setahun sekali di mana pada tahun ini diadakan di Kabupaten Karimun," ujar Kepala Bank Indonesia Kepulauan Riau, Gusti Raizal Eka Putra.

Menurutnya, pola kegiatan yang diadakan sedikit berbeda. Kebanyakan kegiatan edukasi meliputi acara sosialisasi, seminar mengenai ekonomi, BI, dan Inflasi. Tapi pada kegiatan ini, anak-anak dituntut untuk belajar sendiri dan memahami segala sesuatunya mengenai Bank Indonesia.

"Kegiatan edukasi kita menggunakan metode dua arah. Jadi sebelum mereka ikut lomba, mereka harus menyiapkan diri. Belajar mengenai ekonomi, inflasi, tugas-tugas Bank Indonesia, fungsi bank komersil dan mata uang. Materi pertanyaan ada di website bank indonesia, pertanyaannya kita ambil dari situ," ujarnya.

Dijelaskan, tujuan dari kegiatan edukasi kepada siswa dan siswi tingkat SLTA karna pada dasarnya tingkat SLTA pemahaman mengenai ekonomi lebih tinggi dan lebih dalam dibanding oleh Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Dengan kegiatan ini mendorong anak-anak membaca koran untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi berapa, inflasi berapa, apa yang mendorong pertumbuhan ekonomi kita, itu bukan hanya tugas dari bank sentral saja. Jadi semakin banyak yang tau maka semakin baik kualitas masyarakat dan siswa-siswikan merupakan bagian dari masyarakat," pungkasnya.

Tak hanya itu, Raizal juga mengatakan anak-anak ini nantinya bisa membuat sosialisasi positif yang sudah dipahaminya melalui kegiatan ini. Seperti sosialisasi ciri-ciri keaslian uang rupiah kepada teman-temannya di sekolah. Kegiatan itu pasti didukung oleh BI.

Acara yang dilaksanakan diikuti 16 peserta dari seluruh sekolah yang ada di Karimun. Kemudian pemenang nantinya akan lanjut bertanding di Kota Batam. Dengan hadiah uang tunai, sertifikat dan piala. Kegiatan tersebut sengaja menggandeng Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun. (cw58)

Share