Sabtu11182017

Last update05:00:00 AM

Back Karimun Nelayan Berharap Rumahnya Direnovasi

Nelayan Berharap Rumahnya Direnovasi

KARIMUN (HK)-Program renovasi rumah yang digulirkan Kementerian Kelautan dan Perikanan menjadi harapan baru bagi masyarakat nelayan di Karimun. Para nelayan berharap, agar rumah yang mereka huni dapat segera masuk dalam program rehabilitasi tersebut. Sehingga, rumah yaqng mereka tempati bisa layak huni. Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kemeneterian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sjarief Widjaja pernah menyampaikan program tersebut saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Karimun beberapa waktu lalu. Sejak sosialisasi program renovasi rumah itu, maka ribuan nelayan menaruh harapan besar.

Kepala Bagian Pengembangan Kawasan dan Kesehatan Ikan Dinas Perikanan Karimun, Agus Abdullah mengatakan, apabila renovasi rumah nelayan tersebut ditujukan untuk Kabupaten Karimun ini, maka pihaknya akan merasa sangat berterimakasih sekali, mengingat renovasi tersebut sangat membantu masyarakat nelayan di daerah itu.

"Jika ternyata program renovasi rumah nelayan itu sampai ke Karimun, alangkah senangnya. Mudah-mudahan, nantinya rumah nelayan kita bisa mendapatkan rumah renovasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kalau dapat berterimakasih sekali, nelayan kita kan memang sangat membutuhkannya," ungkap Agus.

Agus mengatakan, jika renovasi tersebut juga diperlukan dukungan dari Kabupaten setempat, maka Pemerintah Kabupaten Karimun akan melaksanakan ketentuan tersebut baik pengajuan dalam bentuk kelompok maupun dalam bentuk kolektif. Apapun persyaratan yang dibutuhkan akan dipenuhi.

Terpisah, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Karimun, Amirullah mengatakan, kondisi pemukiman nelayan Karimun secara keseluruhan sangat memprihatinkan. Dengan acanya wacana dari Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Sjarief Widjaja yang mengatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan akan merenovasi 20 kampung nelayan di tahun 2017 ini menjadi harapan besar bagi nelayan.

"Rumah nelayan kita di sini (Karimun) tergolong rumah sangat sederhana sekali. Kita sangat mendukung sekali program ini, dan kita sangat mendukung dan semoga program ini bisa cepat terealisasi," katanya.

Dijelaskan, nelayan yang tergabung di dalam KTNA sendiri mencapai 12 ribu dari masing masing Kecamatan se-Kabupaten Karimun. Selain bantuan renovasi rumah, bantuan yang sangat dibutuhkan oleh nelayan di wilayah maritim seperti kabupaten ini ialah, bangunan infrastruktur yang memadai dan memihak kepada kesejahteraan nelayan seperti jalan dan jembatan.

"Karna ini yang memang sangat dibutuhkan bagi nelayan pesisir kita, kemudian air bersih juga hingga saat ini juga menjadi harapan bagi nelayan kita," pungkasnya. (cw58)



Share