Sabtu11182017

Last update05:00:00 AM

Back Karimun Polres Musnahkan Narkoba

Polres Musnahkan Narkoba

polres musnahkan narkobKARIMUN (HK)- Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama Kapolres AKBP Agus Fajaruddin didampingi Dandim 0317 Letkol Inf IGK Artasuyasa, Danlanal Letkol Laut (P) Totok Irianto bersama FKPD Karimun lainnya memusnahkan narkoba jenis sabu-sabu seberat 300,1 gram dan 98,53 gram daun ganja kering di halaman Mapolres Karimun, Selasa (12/9).

Pemusnahan sabu-sabu itu dilakukan dengan cara dilarutkan dalam air panas. Sebelumnya, Kapolres Agus disaksikan Bupati Rafiq mengecek apakah sabu-sabu yang dimusnahkan itu asli atau bukan. Dari hasil pengecekan itu diketahui kalau sabu-sabu itu ternyata asli. Itu dibuktikan dengan munculnya warna biru dari alat tes tersebut. Sementara, daun ganja dimusnahkan dengan cara dibakar.

 

Narkoba jenis sabu-sabu merupakan hasil tangkapan di Jalan Nusantara atau di pintu masuk Pelabuhan Boompanjang dengan tersangka inisial R. Sementara, daun ganja kering diamankan di Rutan Klas IIB Tanjungbalai Karimun dan Pengadilan Negeri Karimun tanpa diketahui siapa pemiliknya.

Kapolres Karimun AKBP Agus Fajaruddin mengatakan, pemusnahan barang bukti hasil tangkapan itu merupakan bukti dari komitmen Polres Karimun untuk memerangi narkoba di wilayah hukum Kabupaten Karimun. Untuk memerangi narkoba, dia meminta dukungan dari seluruh pihak termasuk juga masyarakat.

“Kita maklumi, kalau kita dekat dengan Malaysia. Jangan sampai kita menjadi jalur perdagangan Malaysia. Mari bersama-sama kita perangi narkoba. Semua komponen harus terlibat, mulai dari aparat penegak hukum seperti TNI dan Polri, pemerintah, media bahkan masyarakat," ungkap Agus.

Bukan hanya meminimalisir perdagangan narkoba, Agus juga meminta kepada masyarakat untuk mengawasi hasil tangkapan narkoba oleh jajarannya. Dia meminta masyarakat untuk mempertanyakan apakah narkoba yang dimusnahkan itu benar atau sudah ditukar dengan barang lain seperti yang terjadi di wilayah hukum lainnya.

"Saya tekankan kepada anggota jangan sampai main-main dalam barang bukti narkoba. Jangan ada yang berani menukar barang bukti ini dengan barang jenis lainnya. Saya juga mempersilakan kepada masyarakat untuk mengawasi kami. Kalau ada yang main-main soal barang bukti silakan laporkan," terang Kapolres.

Ditempat yang sama, Bupati Karimun Aunur Rafiq memberikan apresiasi kepada jajaran Polres Karimun yang telah berhasil mengungkap dan menggagalkan peredaran narkoba di Karimun. Dengan tangkapan itu, maka barang haram tersebut tidak sampai beredar di tengah-tengah masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan jajaran Polres Karimun dalam mengungkap kasus peredaran narkoba di wilayah ini. Sebagaimana kita tahu, peredaran narkoba sudah menyentuh berbagai elemen masyarakat, bahkan sampai ke PNS dan pelajar. Ini suatu hal yang sangat memprihantinkan," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rafiq meminta kepada seluruh komponen masyarakat mulai dari tingkat RT dan RW hingga ke level pemerintahan diatasnya agar dapat mendukung dalam memerangi narkoba. Menurut dua, pemberantasan narkoba bukan hanya menjadi tugas dari pihak kepolisian saja, melainkan seluruh elemen masyarakat. (ham)

Share