Jumat11242017

Last update05:00:00 AM

Back Karimun Pagelaran Budaya Dua Minggu Sekali

Pagelaran Budaya Dua Minggu Sekali

KARIMUN (HK)-Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Karimun diharapkan dapat mengadakan pagelaran seni budaya setiap suku yang ada di Kabupaten Karimun. Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan harapan itu pada sambutan pengukuhan Forum Pembauran Kebangsaan periode 2017-2021 di Gedung Nasional, Rabu (13/9) pagi. Rencana tersebut menurutnya, harus mempunyai kesiapan dari anggota FPK yang terdiri dari 24 suku yang berbeda. Nantinya pagelaran kesenian tersebut akan diadakan setiap dua minggu sekali oleh satu suku yang menyelenggarakan. Sehingga dalam sebulan terdapat dua pagelaran kesenian yang diadakan. Dalam waktu satu tahun kesenian 24 suku bisa terselenggara.

"Tergantung sama FPK sekarang, siap atau tidak dalam dua minggu mengadakan pagelaran kesenian untuk satu suku. Jadi dalam sebulan ada dua acaranya. Di Karimun ada 24 suku sehingga satu tahun pas 24 suku mendapatkan jatah pagelaran," ujarnya.

Rafiq mengatakan, untuk tempat pagelaran FPK boleh memilih tempat antara Panggung Putri Kemuning, Coastal Area dan Pendopo Rumah Dinas Bupati Karimun, Taman Bunga. Kemudian, untuk biaya pihaknya akan mempersiapkan dengan mengalokasikan di Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Karimun.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rafiq juga meminta kepada instansi seperti Dandim dan Danlanal untuk penyelenggaraan HUT TNI 2018 dan HUT Republik Indonesia ke 73 tahun depan mengadakan kolaborasi seluruh etnis dan suku yang ada di Kabupaten Karimun.

Menurut dia, peran FPK tidaklah kecil. FPK merupakan suatu kekuatan besar untuk Kabupaten Karimun. Dimana, keBhinekaaan bermacam-macam budaya, suku, agama dan ras merupakan pondasi kekuatan suatu bangsa.

"Ini suatu kekuatan pembangunan dan ekonomi. Jika dilihat Karimun bisa sekondusif ini mulai dari keamanan, kebersihan dan keindahan itu karena sikap rukun antar suku yang ada di Karimun. Makanya ramai orang yang berkunjung karna kondisi karimun yang kondusif," ujarnya.

Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Abu Samah Haji Arab mengatakan, tujuan pembentukan FPK sebagai wadah informasi dan komunikasi, konsultasi dan kerjasama antar warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan. (cw58)

Share