Selasa04242018

Last update05:00:00 AM

Back Karimun Empat Ha Lahan Kosong Terbakar

Empat Ha Lahan Kosong Terbakar

KARIMUN (HK)- Sekitar 4 hektar lahan kosong milik Akui (48) yang berada di belakang Puskesmas Meral, Kelurahan Sungai Pasir, Kecamatan Meral, Minggu (11/2) malam terbakar. Hanya dalam hitungan menit, api terus menjalar hingga ke depan kantor KUA Meral. Dugaan sementara, penyebab kebakaran itu berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan. Informasi yang dihimpun Haluan Kepri, warga pertama kali melihat api di semak-semak ilalang sekitar tower Telkomsel yang berada di belakang Puskesmas Meral sekitar pukul 20.00 WIB. Kemudian, api terus menjalar hingga sampai ke depa kantor KUA Meral. Karena saat itu angin berhembus cukup kencang, kobaran api makin merambat hingga ke belakang Puskesmas Meral.

"Saya baru saja pulang dari rumah kawan di Baran dan hendak pulang ke Bukit Tembak. Namun, dalam perjalanan saya melihat api besar di sekitar tower telkomsel yang berada di belakang Puskesmas Meral. Api terus membesar dan menjalar ke arah kantor KUA. Anginnya cukup kencang, sehingga api dengan mudah membakar semak-semak di lokasi itu," ungkap Fendi, warga Meral.

Kata Fendi, warga yang melintasi daerah itu berhenti menyaksikan kebakaran tersebut. Warga hanya menonton karena tak mampu berbuat untuk memadamkan api. Namun, sekitar 1 jam kemudian, datang 2 unit mobil kebakaran Pemkab Karimun ke lokasi kebakaran itu. Meski sudah 2 mobil dikerahkan, namun kobaran api tak kunjung padam. Api terus saja membesar.

"Sekitar satu jam terbakar, tiba-tiba datang bomba (mobil pemadam kebakaran). Petugas pemadam kebakaran langsung mengarahkan slang air ke arah semak-semak belukar yang terbakar. Namun, kobaran api itu sulit dipadamkan. Mungkin, karena angin yang bertiup cukup kencang ditambah yang terbakar adalah ilalang dan semak-semak kering yang mudah terbakar," kata Fendi.

Menurut dia, petugas kebakaran dibantu warga sekitar terus berjibaku memadamkan api, sekitar pukul 21.30 WIB, api benar-benar padam. Warga juga turut membantu memadamkan sisa-sisa api yang berada di sekitar semak-semak. Sehingga, api tidak sampai ke Kantor KUA dan Puskemas Meral. (ham)

Share