Selasa06192018

Last update05:00:00 AM

Back Karimun Puskesmas Tebing Karimun 4 Terbaik Indonesia

Puskesmas Tebing Karimun 4 Terbaik Indonesia

images/stories/Berita/2018/Maret/13Maret18/11-13mar18 karimun bupati rafiq meresmikan puskesmas  tebing.jpgKARIMUN (HK)- Kementerian Kesehatan menobatkan bangunan fisik Puskesmas Tebing 4 terbaik di Indonesia dari 124 Puskesmas dalam kategori wilayah perbatasan yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi 2017. Sementara, pada 2018 masuk dalam kategori terpencil kepulauan. Peresmian bangunan Puskesmas Tebing dilakukan Bupati Karimun Aunur Rafiq, Senin (12/3) siang.

"Memang benar, Puskesmas Tebing ini masuk dalam 4 terbaik bangunan fisik di daerah perbatasan pada 2017 dan terpencil kepulauan pada 2018 ini. Kita patut bersyukur ternyata pusat memberikan penilaian Puskesmas Tebing 4 terbaik dari 124 Puskesmas di wilayah perbatasan. Maka dari itu, kita harus menjaga agar Puskesmas ini bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," ungkap Aunur Rafiq.

 

Kategori penilaian itu, karena fisik bangunan yang berdiri diatas ketinggian atau perbukitan dengan tingkat kesulitan pengerjaan yang lumayan rumit. Namun, mampu menghasilkan suatu karya yang baik. Dengan prestasi itu, foto bangunan Puskesmas Tebing bersama 3 bangunan Puskesmas wilayah perbatasan lainnya di Indonesia selalu ditampilkan di berbagai acara kesehatan.

Peresmian Puskesmas Tebing tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Rafiq, kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Ketua Umum Penggerak PKK Kabupaten Karimun, Raja Azmah Aunur Rafiq. Peresmian itu juga disejalankan dengan syukuran dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Aunur Rafiq kepada Kepala Dinas Kesehatan Rachmadi dan Kepala Puskesmas Tebing Muhammad Aristo Wibowo.

"Hari ini kita melaksanakan peresmian pemakaian gedung Puskesmas Tebing yang menggunakan anggaran tahun 2017 melalui dana afirmasi dari Pusat yang diberikan kepada Puskesmas Tebing, Meral Barat dan Puskesmas Ungar. Dana yang dihabiskan untuk pembangunan Puskesmas Tebing sebesar Rp 3,2 miliar. Tapi masih ada kekurangan prasarana gedung Puskesmas ini," jelasnya.

Kata Rafiq, meski bangunan Puskesmas Tebing sudah berdiri dengan megah, namun beberapa perlengkapan dan sarana pendukung lainnya masih belum ada. Dirinya berharap,
setelah peresmian gedung ini diharapkan manajemen Puskesmas bisa menggunakan dananya sendiri untuk perlengakapn seperti sirkulasi udara yang harus diperbaiki dengan menambah daya listriknya agar diperbesar.
"Sekarang kan sudah menjadi BLUD. Jadi pengelolaan keuangan sudah bisa sendiri. Namun, seiring berjalannya waktu saya sudah mintakan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kepala Puskesmas dapat menggunakan dana alokasi khusus, agar menutupi kekurangan dari puskesmas ini. Mudah-mudahan, segala fasilitas pendukung bisa segera terpenuhi," terang Rafiq.

Usai peresmian, Bupati Rafiq menyempatkan diri menelusuri ruangan demi ruangan bangunan Puskesmas Tebing yang diikuti sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Karimun. Salah satu ruangan terbaru yang ada di Puskesmas Tebing adalah ruangan pemeriksaan IVA untuk mendeteksi kanker rahim atau serviks. Ruangan tersebut digabung dengan ruangan KIA. (ham)

Share