Sabtu11292014

Last update12:00:00 AM

Back Karimun 389 Pejabat Eselon II, III dan IV Dilantik

389 Pejabat Eselon II, III dan IV Dilantik

KARIMUN (HK) - Sebanyak 389 pejabat dari eselon II, III dan IV di lingkungan pemerintah Kabupaten Karimun dilantik, Kamis (27/12) di Gedung Serbaguna Kantor Bupati dalam acara upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat serta penandatanganan pakta integritas.

Ke 389 pejabat yang dilantik tersebut diantaranya 11 orang pejabat eselon II, 106 orang pejabat eselon III dan 272 orang pejabat eselon IV.

Dalam pelantikan tersebut sekaligus merampingkan STOK yang ada di pemerintahan Kabupaten Karimun serta merubah beberapa nama instansi. Seperti Bagian Urusan Kepegawaian (UP) kini menjadu Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Dinas Perindustrian dan Perdahangan (Disperindag) tidak lagi berdiri sendiri melainkan  dilebur ke dalam Dinas Koperasi dan UKM, sehingga perubahan nama dinas Koperasi dan UKM menjadi Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindag.

Selain itu, Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan dipisah dimana Badan Lingkungan Hidup berdiri sendiri. Dengan demikian urusan kebersihan dan pertamanan difokuskan kepada Badan Kebersihan dan Pertamanan.  Demikian pula dengan Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan KB (Disduk Capil dan KB), dimana KB digabung kepada Bagian Pemberdayaan Perempuan, KB dan Perlindungan Anak.

Sebelas  orang pejabat eselon II  masing-masing  Muhammad Hasbi menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindag, dimana sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan KB. Usman Ahmad dilantik sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kesatuan Bangsa, jabatan sebelumnya adalah Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kesatuan Bangsa. M Tahar sebagai Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu, sebelumnya adalah sebagai Kepala Badan Perizinan Terpadu. MS Sudarmadi dilantik sebagai Kepala Dinas Pendidikan sedangkan jabatan sebelumnya Kepala Disperindag. Dan jabatan barunya saat ini adalah sebagai mengisi kekosongan posisi tersebut yang sebelumnya dijabat oleh Harris Fadillah yang telah memasuki masa pensiun.

Selain itu Amjon dilantik sebagai Kepal Badan Lingkungan Hidup, dimana jabatan sebelumnya adalah Kepala Dinas Koperasi dan UKM. Faisal Taufik dilantik sebagai Kepala Badan Kebersihan dan Pertamanan, sementara jabatan sebelumnya adalah Badan Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP). Kamarulazi dilantik sebagai Kepala Badan Kepegawaisan Daerah (BKD) dan jabatan sebelumnya sebagai Kepala Bagian Urusan Kepegawaian (UP). Rosmawati dilantik sebagai Kepala Badan Keluarga Berencana Daerah, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, jabatan sebelumnya adalalah Camat Tebing. Dimana jabatan barunya saat ini menggantikan posisi Mitrayati yang dilantik sebagai Sekretaris Dinas Sosial. Aryandi dilantik sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) dan tidak terjadi pergantian. Artinya dia tetap pada jabatan sebelumnya, hanya saja pangkatnya dinaikkan dari eselon III a menjadi eselon II b. Terakhir adalah Bakhrizal yang dilantik sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, jabatan sebelumnya adalah Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Kabupaten Karimun.

Sementara untuk posisi camat dan penambahan tiga Kecamatan yang baru pun telah ditunjuk pejabatnya antara lain adalah Camat Kundur dijabat oleh Umar Said, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Kesbang Linmas, BPMD. Sedangkan Raja Azli yang menjabat sebagai Camat Kundur sebelumnya kini dilantik sebagai Sekretaris Satpol PP. Kemudian Anji Trisno dilantik sebagai Camat Meral Barat yang merupakan pemekaran wilayah dari Kecamatan Meral. Dimana sebelumnya menjabat dia menjabat sebagai Sekretaris Camat Karimun. Sedangkan Kecamatan Ungar yang baru dimekarkan dari Kecamatan Kundur kini dipimpin oleh Raja Jemishak, sebelumnya ia menjabat sebagai Lurah Tanjung Batu Barat Kecamatan Kundur. Kemudian untuk Kecamatan Belat yang juga merupakan wilayah baru dan merupakan bagian Kecamatan Kundur Utara sebelumnya kini dipimpin oleh Saipol, yang sebelumnya sebagai Lurah Alai.

Sementara untuk posisi Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga kini dipimpin oleh Umar. S.Pd, menggantikan posisi Yan Indra. Sedangkan Yan Indra sendiri kini di non jobkan.

Selain itu, Istanto dilantik sebagai Kepala Bagian Persidangan dan Produk Hukum Sekretariat DPRD  Kabupaten Karimun, dimana jabatan sebelumnya adalah Sekretaris Dinsos. Chaironi dilantik sebagai Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Kabupaten Karimun. Dimana jabatan sebelumnya adalah Sekretaris  Badan Pelayanan Perizinan Terpadu. Syarifah Normaria dilantik sebagai Sekretaris BPMD dan Kesbang, sedangkan posisi sebelumnya adalak Sekretaris Disdik. Sementara untuk posisi Sekretaris Disdik kini dijabat oleh Bakri Hasyim (Adik kandung Skeda Karimun, Anwar Hasyim) yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Pendidikan SD dan SMP. Teja Ria dilantik sebagai Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah Kabupaten Karimun. Sebelumnya adalah sebagai Kabag Tata Pemerintahan Umum (Tapem). Sedangkan Panji Sasmita dilantik sebagai Sekretaris BKD, dimana jabatan sebelumnya adalah Camat Karimun, dan sebelum memiliki jabatan tersebut, dia sebagai ajudan Bupati Karimun Nurdin Basirun.

Dalam mutasi tersebut, tidak semua SKPD diganti. Dalam artian masih tetap diberi kepercayaan oleh Bupati Karimun untuk memimpin. Seperti Dinas PU masih dipimpin oleh Abu Bakar, Dinas Kesehatan dipimpin Sensissiana, Asisten II dipimpin Arnadi Supaat, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) dipimpin Hazmi Yuliansyah, Dinas Pertanian dan Kehutanan dipimpin Amran Syahidid, Sekwan dipimpin  Zifridin, Disnaker dipimpin  Ruffindy Alamsyah. Dinas Pertambangan dipimpin  Alwi Hasan. Dinas Perhubungan dipimpin  Cendra Nawazir, Kadisparbud dipimpin  Suryaminsyah, Camat Meral masih dipimpin  Dwi Yandri dan Camat Kundur Barat masih dipimpin  Baginda Ahmadsyah.

Bupati Karimun Nurdin Basirun usai melantik para pejabat tersebut kepada wartawan mengatakan, semua jabatan adalah datangnya dari Allah dan juga kembali kepada Allah.

"Tugas mulia menanti di depan. Saya yakin, siapapun yang dimutasi itu adalah hal yang wajar. Dalam hal ini ada yang dimutasi dan ada pula penyegaran serta promosi," ujar Nurdin.

Nurdin juga berpesan agar dapat menerima tugas yang baru diberikan kepada pejabat yang baru dilantik. Untuk itu kata Nurdin, hendaknya laksanakan tugas sebaik-baiknya dan berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan Nurdin, salah satu kontribusi yang harus dilakukan adalah bagaimana Kabupaten Karimun punya daya tarik dan ini merupakan harapan kita semua. Sehingga hal ini tentunya akan mengangkat nama baik Karimun.

Disinggung tentang pejabat mantan nara pidana, sebagaimana surat edaran Mendagri yang melarang mantan napi menduduki jabatan struktural, Nurdin mengaku hal itu telah dilaksanakan. Dimana dari pejabat terkait mengaku ikhlas dan hal itu merupakan loyalitasnya kepada pemerintah.

"Kita juga menjalankannya sebagaimana loyalitas kepada atasan. Selamat bertugas dan tugas mulia menanti anda. Tahun baru ini semoga dengan manageman baru dan terpimpin dengan baik," ujar Nurdin berharap(gan)

Share