Sabtu11182017

Last update05:00:00 AM

Back Lingga Polres Bantu Distribusikan Obat ke Lingga

Polres Bantu Distribusikan Obat ke Lingga

Polres Bantu Distribusikan Obat ke Lingga

LINGGA (HK)- Jajaran Polres Lingga membantu Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPP-KB) Lingga mendistribusikan obat obatandari Batam ke Kabupaten Lingga.
Pendistribusian ini sebagai bentuk kerja sama dan dukungan pihak kepolisian untuk menjamin ketersediaan obat-obatan di pusat-pusat kesehatan masyarakat yang sempat dikeluhkan langka beberapa waktu lalu.

"Ya syukurlah kalau kami bisa membantu Pemkab dalam mengatasi kelangkaan obat di Kabupaten Lingga. Semoga masyarakat dapat lebih merasakan manfaat dari pelayanan kesehatan di Kabupaten Lingga," kata Kapolres Lingga, AKBP Ucok Lasdin Silalahi kepada Haluan Kepri, Minggu (10/9).

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan ,pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana Lingga Syamsurizal menjelaskan, pada hari ini, Minggu (10/9) telah tiba satu truk obat-obatan dari Batam.

Obat-obatan yang sampai itu adalah pengadaan obat E Katalog yang dibawa langsung dari Batam dengan menggunakan truk angkut milik Polres Lingga dengan menumpang Kapal Roro Batam-Dabo.

"Alhamduliillah pengiriman obat E Catalog dari Batam Sudah sampai, dibantu alat transportasinya dari Kapolres Lingga dengan 1 unit truk angkutan pada hari ini," kata Syamsurizal.

Sementara itu untuk pengadaan obat dengan sistem E Katalog pada tahun 2017 ini sudah lebih dari 80% capaian, dengan sistem pendistribusian ke seluuruh pusat pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Lingga.

"Alhamdulillah sudah 85 %. Setelah sampai ke kita, lalu didistribusikan ke Puskesmas Dan RSUD. Selain itu, untuk kedepan, insya allah kita kerja sama dengan Polres, Lanal serta Kodim untuk donor darah on call," jelasnya.

Syamsurizal juga menginformasikan, untuk pengadaan obat non E Catalog tahun ini sudah ada pemenang tendernya. Dalam waktu dekat setelah memenangkan tender lelang, pihak kontraktor akan mendistribusikan obat-obat tersebut ke Lingga sesuai dengan perintah kerja dalam lelang proyek tersebut.

"Insya allah dalam Jangka 1 bulan target obat sudah datang. Ini yang non E Katalog. Untuk pengadaan obat non E Catalog jenisnya nanti tidak sama dengan obat yang tidak tercantum di E catalog. Tapi kita butuhkan, baik di Puskesmas atau RSUD. Contoh kita perlu bag darah yang tidak ada di E Catalog. Besaran anggaran pengadaan obat non E Catalog tahun ini Sekitar Rp1.8 miliar," ungkapnya panjang lebar.

Terkait dengan adanya bantuan pihak kepolisian, dalam hal ini jajaran Polres Lingga dalam mendistribusikan obat, Syamsurizal sebagai Kepala Dinas Kesehatan merasa sangat terbantu.

"Beliau (Kapolres-red) mau membantu karena tugas Polres bukan Cuma keamanan saja, tetapi juga membangun Lingga melalui kesehatan salah satunya. Makanya nanti kita ada MoU tentang donor darah dengan Kapolres," ucap Syamsurizal.(jfr)

 

Share