Minggu04222018

Last update05:00:00 AM

Back Lingga Kapal Reguler Batal Berangkat

Kapal Reguler Batal Berangkat

sejumlah kapal reguler oceana superjet batal berangkatCuaca Pancaroba

LINGGA (HK)- Akibat musim pancaroba yang diiringi angin kencang,  kapal reguler Lingga Permai, Oceana, dan Superjet maupun kapal Roro KMP Muria batal berangkat dari Lingga menuju Kota Batam maupun Tanjungpinang.

Informasi yang diperoleh Haluan Kepri, batalnya keberangkatan kapal reguler tersebut karena sejumlah perairan Laut Pulon ke perairan Tanjung Kelit ombak diperkirakan mencapai tiga meter. Sehingga beberapa kapten kapal membatalkan pelayarannya.

Kabid Hubla Dishub, Selamat membenarkan bahwasanya saat ini kondisi cuaca pancaroba. Perairan Jagoh, Tanjung Kelit rawan angin barat. "Lintas Kepri, Lingga permai Oceana, Super Jet bahkan Roro ke Tanjungpinang maupun ke Batam batal berangkat hari ini," kata Selamat, Jum'at (12/1).

Dikatakan, bukan hanya kapal reguler yang hendak ke Tanjungpinang, kapal reguler dari Tanjungpinang ke Lingga juga batal berangkat hari ini. Namun kapal reguler dari Sei Tenam, yakni kapal reguler Gembira dan Istiqomah, kata Selamat, pagi tadi ada yang berangkat. Karena jalur pelayaran kapal tersebut melewati selat-selat.

Meski demikian, Selamat mengimbau operator kapal untuk memperhatikan keselamatan penumpang. Serta berkoordinasi ke Syahbandar terdekat. "Saat ini musim utara. Kita dari perhubungan, Polairut maupun operator mengutamakan sefety keamanan. Termasuk safety engine. Jangan sampai macet," ujarnya.

Untuk keselamatan, lanjut Selamat, kapten disarankan mengambil keputusan yang akurat. Harus berkoordinasi dengan Syahbandar setempat untuk melakukan pelayaran.

Bukan hanya itu, kata Selamat, kapten diimbau tidak nekat untuk berlayar. Dan harus memperhatikan informasi dari BMKG. "Jangan memaksakan diri. Dan jangan melampaui kapasitas. Saling menjaga keselamatan," ujarnya.

Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui pasti sampai kapan berlangsungnya musim pancaroba tersebut. Namun, seluruh pemilik perahu dan kapal pun dihimbau untuk memperhatikan cuaca jika hendak berlayar.(put)

Share