Minggu04222018

Last update05:00:00 AM

Back Lingga Dermaga Pulun Mentuda Lingga Dibangun 2019

Dermaga Pulun Mentuda Lingga Dibangun 2019

images/stories/Berita/2018/Februari/14Februari18/13-14-feb18 lingga hlll  dermaga pulun mentuda di bangun 2019.jpgLINGGA (HK)- Selain sudah tidak layak dan memperihatinkan, kondisi Pelabuhan Pulon, Desa Mentuda, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, dalam kondisi rusak parah. Hal ini menjadi perhatian serius Dinas Perhubungan (Dishub) Lingga yang merencanan pembangunan dermaga baru di wilayah itu tahun depan.

Kepala bidang (Kabid) Perhubungan Laut dan Udara di Dishub Lingga, Selamat mengatakan, Pelabuhan Pulon sudah tidak memungkinkan untuk dilakukan rehab. Sehingga, harus dilakukan pembangunan ulang.

"Baru-baru ini kita turun ke Pulon, Pelabuhan Pulon ini mau tidak mau harus kita ganti. Kalau itu direhab tidak memungkinkan lagi, karena dengan bangunan tiang pancang yang memang cor di tempat, itu tidak bisa bertahan dengan waktu yang lama. Itu jembatannya putus," kata Selamat kepada wartawan ditemui di ruang kerjanya, Senin (12/2).

Dia mengatakan, pembangunan dermaga tersebut akan menjadi prioritas Dishub di tahun 2019 mendatang menggunakan APBD murni. Bahkan, pihak desa sudah diarahkan untuk mencari lokasi baru.

"Kami sudah sampaikan kepada kepala desa, ini menjadi prioritas pertama di tahun 2019, karena ini murni. Pihak desa juga sudah menyiapkan lokasi baru dan itu sudah dilihat. Tapi kita juga berupaya apabila tahun ini bisa disuport dengan perawatan rutin, kita perbaiki dulu mana yang bisa diperbaiki," katanya.

Ia mengaku, walau bagaimana pun pelabuhan tersebut wajib dibangun. Karena, jika masih saja seperti saat ini, kapal fery reguler tidak akan menyinggahi pelabuhan itu. "Saya komitmen tahun 2019 ini Pulon jadi prioritas," janji Selamat.

Sementara itu, untuk pembangunan pelabuhan lainnya yang menjadi prioritas Dishub Lingga yakni, Pelabuhan Tanjung Lipat serta Pulau Bukit yang keduanya berada di Kecamatan Senayang.(jfr)

 

Share