Selasa06192018

Last update05:00:00 AM

Back Lingga Penambahan Penduduk Miliki KTP Lingga Untungkan Daerah

Penambahan Penduduk Miliki KTP Lingga Untungkan Daerah

LINGGA (HK)- Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Lingga Syamsudin berharap kepada mereka yang pendatang atau pun yang bekerja di Kabupaten Lingga tetapi masih memaki KTP dari luar daerah agar segera mengubahnya.
Pasalnya dengan semakin banyaknya penduduk yang ber KTP Lingga akan menguntungkan daerah ini nantinya.

"Misalnya seperti ini, jumlah pegawai kita berapa dan tidak semuanya KTP Lingga, apa salahnya jika mereka menukar pakai KTP Lingga sehingga jumlah penduduk yang terdata bertambah. Ini tentu kedepan akan menguntungkan daerah," kata Samsudi kepada Haluan Kepri di Kantornya, Jumat (9/3).

Keuntungan yang dimaksudkan Samsudi ini bisa dari segi anggaran yang di terima dari Pemerintah  Pusat. Dengan jumlah penduduk sekarang yang tidak mencapai 100 ribu jika bisa
dimaksimalkan menjadi 100 ribu lebih, tentu bertambah juga anggaran dari Pemerintah Pusat.

"Jadi acuan penerimaan dana dari Pusat juga dari jumlah penduduk. Kitakan saat ini 99 ribu, tak mencapai 100 ribu. Kalau bisa dimaksimalkan melebihi 100 ribu dana DAK kita bisa bertambah. Umpamaya bertambah Rp10 miliar, itu-kan sudah lumayan bisa membiayai 2 OPD," jelasnya.

Perhitungan Samsudi seperti ini untuk mencapai 100 ribu lebih sedikit itu dianggap tidaklah terlalu rumit jika ada kemauan dari mereka yang berdomisili dan bekerja di sini mau memakai KTP Lingga.

"Kalau mereka PNS tentu ini ranahnya BKD Lingga agar mengimbau kepada pegawai untuk berbagai KTP Lingga. Hitunganya satu keluarga berapa orang, suami, istri dan dua atau tiga orang anak. Jumlah pegawai kita berapa, tentunya akan bertambah penduduk bisa melebihi 100 ribu kalau mereka semua mau berbagi KTP Lingga," ungkapnya lagi.

Kendati demikian, kataq dia, kendalanya saat ini adalah masih ada dan banyak mereka yang berdomisili di Lingga, bekerja dan mencari makan di Lingga, namun masih KTP luar daerah. "Jadi daerah tidak mendapat manfaat, bahkan kesannya mereka mengambil manfaat dari sini, tapi bayar pajaknya di tempat lain karena KTP dari luar," ucap Samsudi.

Masih kata Samsudi, selain hal tadi, banyak lagi keuntungan untuk daerah jika ujmlah penduduknya berdasarkan KTP Lingga bertambah. Salah satunya dari segi politik dan juga bidang lainya. Namun untuk keuntungan dari segi lainnya Samsudi mengaku itu bukan ranahnya untuk menjelaskan.(jfr)

Share