Selasa06192018

Last update05:00:00 AM

Back Lingga Pembagian Rastra Harus Sesuai Ketentuan

Pembagian Rastra Harus Sesuai Ketentuan

LINGGA (HK)- Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) Lingga menekankan kepada seluruh Kepala Desa di Kabupaten Lingga agar tidak membagikan secara merata beras bantuan program beras sejahtera (rastra).

Kepala Dinsos-P3A Lingga, Nurmadiah melalui Kepala Seksi (Kasi) Sosial, Hasbullah mengatakan, sesuai ketentuan, seharusnya rastra hanya diberikan kepada setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan tidak untuk dibagi rata kepada masyarakat umum.

"Sesuai ketentuannya itu tidak boleh. Sebenarnya aturan pemerintah, siapa yang dapat, itulah yang menerima. Jadi sampai di sana (desa), keadilan desa yang membagi rata. Jadi kita sulit membedakan mana yang senang dan susah," kata Nurmaidah, Senin (12/3).

Dia mengaku, meskipun pihaknya menekankan agar rastra tersebut tidak dibagi secara merata, namun pihaknya tak mampu berbuat banyak. Pasalnya, semua kewenangan pembagian berada di tangan Pemerintah Desa itu sendiri.

"Kalau pun mau dibagi rata, itu baginya harus dua banding satu. Si KPM ini menerima dua, sedangkan warga yang tidak ada namanya itu, dapat satu. Harusnya sih begitu," ujarnya.

Setiap KPM menerima 10 kg rastra dalam satu bulan. Sehingga, jika dibagikan dalam jangka waktu tiga bulan sekali, maka setiap KPM menerima 30 kg dan tidak dipungut biaya sepeser pun, karena semuanya sudah dianggarkan oleh Dinsos-P3A.

Namun, dikarenakan kebijakan setiap desa yang ada di Lingga bermacam-macam, setiap KPM mendapatkan jatah rastra jauh dari jumlah sebenarnya. Untuk tahun ini, di Kabupaten Lingga sesuai data yang ada, penerima rastra sebanyak 5284 KPM.(jfr)

Share