Minggu11192017

Last update05:00:00 AM

Back Meranti Transportasi Laut Harus Nyaman

Transportasi Laut Harus Nyaman

SELATPANJANG (HK)– Bupati Kepulauan Meranti Irwan mengapresiasi langkah pengusaha transportasi laut yang terus memperbaruhi dan menambah armadanya dengan yang baru. Di tengah ketatnya persaingan bisnis transportasi dan untuk memenuhi rasa aman dan nyaman calon penumpang, maka peremajaan dan penambahan armada harus dilakukan.    
"Kita berikan apresiasi positif bagi pengusaha angkutan  speed boat Porti Garuda, yang terus berupaya membenahi aramadanya di tengah meningkatnya persaingan bisnis angkutan laut di Meranti. Apa yang dilakukan pihak pemilik Speed Porti Garuda, merupakan sebuah upaya positif dalam menciptakan rasa nyaman, aman dan menjamin keselamatan penumpang selama dalam pelayaran. Upaya ini jelas sangat membantu Pemkab Meranti dalam meningkatkan penyediaan sarana angkutan yang benar-benar memenuhi standar laik berlayar," kata Irwan saat meresmikan peluncuran Speed Porti Garuda di Pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang, Rabu (20/8).

Menurut Irwan, semakin banyaknya tersedia transportasi laut yang layak dan nyaman, dengan sendirinya akan berdampak pada sektor lain.

"Kondisi ini semakin memperkuat kepercayaan dunia usaha untuk terus meningkatkan investasinya di Meranti, terutama di Selatpanjang. Dengan tersedianya sarana angkutan yang respresentatif, nyaman dan aman, salah satunya speed boat Porti Garuda, tentunya akan turut menjadi garansi bagi kepercayaan dunia usaha untuk datang ke Selatpanjang. Untuk itu, Pemkab Meranti terus berupaya meningkatkan penyediaan fasilitas pelabuhan untuk penumpang yang benar-benar layak dan berstandar," ujar Irwan.

Dari data Syahbandar Selatpanjang, rata-rata aktivitas turun naik penumpang dari Pelabuhan Tanjung Harpaan  setiap harinya mencapai 1.000 orang.

"Makanya perusahaan transportasi laut yang lain kita mengimbau terus berusaha memperbaiki dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpangnya," pesan Irwan.

Dalam kesempatan itu, Irwan juga menyampaikan perkembangan atau pertumbuhan ekonomi di Meranti. Ia menjelaskan, geliat pembangunan di Meranti, Kota Selatpanjang kini menjadi salah satu bandar niaga yang berkembang pesat di Riau. Tidak hanya dari sisi pertumbuhan pembangunan sarana dan prasarana pertokoan, tapi aktivitas niaga juga terjadi peningkatan.

"Meskipun belum ada hitungan yang pasti dari pihak BPS, diperkirakan angka perputaran uang di Kota Selatpanjang selama libur lebaran mencapai Rp10 miliar. Angka ini belum termasuk uang yang beredar di sejumlah bank di Kota Selatpanjang, mulai dari Bank BNI, BRI, Bank RiauKepri cabang Selatpanjang, Bank Muamalat, BPR Seraya, BPR Mulia dan Bank Syariah Mandiri. Dengan terus meningkatnya pertumbuhan bank di Meranti, menjadi sebuah jaminan bahwa ekonomi Meranti terus merangkak naik secara positif," kata Irwan.

Penumpang Surprise

Nur Khasanah (35) salah seorang calon penumpang speed boat Porti Garuda, mengaku sempat surprise dengan hadirnya armada baru speed boat Porti Garuda yang baru. Paslanya, selain memang baru, speed boat Porti Garuda juga lebih besar.

"Saya sempat tekejut juga ketika mau masuk ke dalam speed boat, banyak rombongan pemda Meranti, apalagi Pak Bupati juga hadir. Kita berharap agar usaha angkutan lainnya juga terus berbenah lebih baik. Dan sebagai pengguna jasa, sangat pantas bila mengucapkan selamat sukes pada pihak mangemen Speed Boat Porti Garuda Selatpanjang. Ini akan menjadi awal yang baik bagi penyediaan sarana angkutan laut ke Selatpanjang," ujar guru MDA di salah satu desa di Rangsang Pesisir itu. (rus)

Share