Kamis11232017

Last update05:00:00 AM

Back Nasional Pendaftaran CPNS Dimulai Hari Ini

Pendaftaran CPNS Dimulai Hari Ini

Pendaftaran CPNS Dimulai Hari Ini

JAKARTA (HK)- Pendaftaran seleksi CPNS di 61 instansi pusat dan daerah secara resmi dimulai, Senin (11/9) hari ini hingga 25 September mendatang.
Saat ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang menjadi panitia seleksi nasional (Panselnas) penerimaan CPNS 2017 sudah menyiapkan infrastrukturnya, termasuk antisipasi bila pengunjung membeludak.

"Server BKN sudah siap. Yang ingin daftar langsung masuk ke sscn.bkn.go.id," kata Karo Humas BKN Mohammad Ridwan, Minggu (10/9).

Berkaca pada pendaftaran pertama (Kemenkumham dan MA), Ridwan menyarankan agar pelamar tidak memburu hari pertama. Di samping menghindari traffic padat (siang hari).

"Nggak usah buru-buru. Waktu pendaftaran cukup panjang. Kalau terburu-buru bisa berakibat fatal," ucapnya.

Selain menyiapkan untuk pendaftaran CPNS tahap dua, di hari yang sama BKN juga menjadi tempat pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) Kemenkumham dan MA.

Senada dengan itu Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik KemenPAN RB Herman Suryatman mengatakan para pelamar yang sebelumnya sudah memasukkan berkas untuk melamar di Kementerian Hukum dan HAM, boleh ikut serta.

Para pelamar dipersilakan mendaftar menggunakan akun SSCN yang sudah digunakan mendaftar pada penerimaan CPNS gelombang pertama.

"Tapi, kalau yang putaran pertama sudah lolos, sebaiknya tidak mendaftar lagi," kata Herman Suryatman.

Masa pendaftaran dilangsungkan pada 11-25 September, dengan prosedur yang sama seperti penerimaan CPNS gelombang pertama. Yakni, secara online melalui situs sscn.bkn.go.id. Pada tahap awal, para pelamar bisa memasukkan nomor induk kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga, dan NIK Kepala Keluarga.

Bila ketiga data itu bermasalah, pelamar sebaiknya segera menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat. Sebab, selama ini ketiga data itu yang paling sering bermasalah.

Selain itu, pelamar nanti hanya bisa memilih satu instansi dan satu posisi.

"Jadi, jangan sampai salah pilih, karena pilihan tidak bisa diubah bila sudah mendaftar," lanjutnya.

Disinggung mengenai kuota tahun ini yang berjumlah 17.928, Herman menjelaskan bahwa jumlah formasi sudah melalui sejumlah pertimbangan. Di antaranya, penilaian atas kebutuhan masing-masing instansi, dalam hal ini beban kerja, hingga visi nawacita pemerintah.

"Kami juga memperhatikan kapasitas fiskal negara," tuturnya. Bagaimanapun, negara akan menambah anggaran untuk menggaji para PNS baru itu.

Sementara itu, kemarin BKN mengumumkan lokasi-lokasi yang akan digunakan untuk seleksi kompetensi dasar CPNS untuk kualifikasi dokter spesialis, dokter umum, dan sarjana. Ada 33 tempat di seluruh Indonesia yang akan menjadi lokasi tes dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

"SKD kami jadwalkan tanggal 11 sampai 16 september," terang Kabiro Humas BKN Mohammad Ridwan kemarin.

Di Jakarta, misalnya, tes akan dilaksanakan di kantor BKN pusat. Sementara, di Jatim, tes akan dilangsungkan di Politeknik Pelayaran Surabaya. Begitu pula di provinsi-provinsi lainnya, tes dilangsungkan di ibu kota provinsi masing-masing. (dtc/rpk/net)





 

Share