Rabu10182017

Last update05:00:00 AM

Back Natuna Reses ke Pulau Tiga, Haripinto Janji Perjuangkan Pelabuhan Perintis

Reses ke Pulau Tiga, Haripinto Janji Perjuangkan Pelabuhan Perintis

reses ke pulau tigaNATUNA - Anggota DPD RI, Haripinto Tanuwidjaya melaksanakan reses di desa Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga, Rabu (9/8). Kunjungan tersebut merupakan bagian dari tugas pokok DPD RI untuk menyerap aspirasi secara langsung kepada masyarakat berkaitan dengan program pembangunan daerah pedesaan.

Pelabuhan perintis dan jalan lingkar kecamatan menjadi prioritas usulan masyarakat. Pasalnya di kecamatan Pulau Tiga mencakup beberapa desa yang sampai saat ini belum memiliki akses jalan darat.

Sebagai kecamatan dengan 70 persennya adalah masyarakat nelayan, perlu adanya dukungan program kelautan dan perikanan lebih ditingkatkan. Salah satunya dengan membantu meningkatkan hasil tangkap nelayan melalui peningkatan kapasitas alat tangkap.

"Nelayan di Pulau Tiga lebih dominan memakai kapal kecil ukuran 2 GT. Kita berharap pemerintah membantu nelayan sehingga mereka memiliki kapal tangkap 5GT sampai 10GT. Secara tidak langsung ini akan membantu meningkatkan pendapatan nelayan," ujar Kepala Desa Sabang Mawang, Hambali pada dialog secara langsung dengan Haripinto.

Menanggapi hal itu, anggota DPD RI, Haripinto Tanuwidjaya mengatakan, untuk pelabuhan perintis akan diusulkan pada pemerintah pusat agar bisa dibiayai oleh APBN. Begitu juga dengan jalan lingkar kecamatan.

Dengan dasar proposal pengajuan untuk pelabuhan perintis, sambung Haripinto, dirinya akan lebih mudah untuk menyampaikan kepada pemerintah pusat. Sebab usulan tersebut sangat prioritas dengan tujuan peningakatan roda perekonomian masyarakat.

"Kecamatan Pulau Tiga sangat bagus, sumberdaya alamnya melimpah. Dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur dasar, saya yakin beberapa tahun kedepan kehidupan masyarakat Pulau Tiga jauh lebih baik," kata Haripinto.

Meskipun tidak mempunyai kebijakan dalam menetapkan anggaran, Haripinto berjanji akan menyampaikan aspirasi tersebut pada tingkat DPR RI dan Kementerian terkait.

"Sekarang ini perhatian Presiden terhadap pembangunan di Natuna cukup intens. Tingga bagaimana kita mengarahkan arah pembangunan itu. Natuna adalah pulau terdepan NKRI. Sehingga layak untuk diperjuangkan apa yang menjadi harapan masyarakat banyak," ungkapnya.

Rencananya, kata Haripinto, dirinya akan melaksanakan reses di beberapa pulau di Natuna diantaranya Kecamatan Pulau Laut. "Banyak agenda, selain bertatap muka dengan masyarakat, saya juga akan melakukan pertemuan dengan pemerintah daerah. Ini berkaitan dengan program kerja DPD RI," tandasnya.

Pada acara tersebut, Hadir Anggota DPRD Natuna, Yohanis. Camat Pulau Tiga, Abdul Karim. Kepala desa Sabang Mawang Barat, Haji Zakaria. Kepala desa Sabang Mawang, Hambali. Kepala deaa Tanjung Batang, Zurti. Kepala desa Serantas, Zakaria. Kepala desa Sededap, Burhanudin. (fat)

 

Share