Rabu12132017

Last update12:00:00 AM

Back Natuna Puluhan Gedung Sekolah di Natuna Direnovasi

Puluhan Gedung Sekolah di Natuna Direnovasi

Melalui Dana Alokasi Khusus

NATUNA (HK) - Puluhan gedung sekolah dari tingkat sekolah dasar sampai tingkat menengah pertama di Kabupaten Natuna mendapat bantuan  renovasi dari pemerintah Provinsi dan Kementerian Pendidikan.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Natuna, Marka DJ Jumat (11/8). Dia mengatakan, dengan direnovasinya puluhan gedung sekolah yang ada di Natuna diharapkan siswa dapat belajar dengan aman dan nyaman.

"Saat ini sudah berlangsung proses pekerjaan dan progres sudah mencapai 80 persen," kata Marka.

Disebutkan Marka, beberapa sekolah yang mendapat bantuan renovasi sedang antara lain sekolah dasar desa Harapan Jaya, Kecamatan Bunguran Tengah. Sekolah dasar di kecamatan Bunguran Utara, kecamatan Midai, kecamatan Bunguran Selatan, Kecamatan Pulau Laut. Kemudian gedung SMP di kecamatan Bunguran Timur Laut, kecamatan Bunguran Selatan, dan kecamatan Bunguran Barat.

Kemudian untuk dana Kementerian, tahun ini diperuntukan rehab gedung SMP satu atap di desa Teluk Buton, Kecamatan Bunguran Utara, Kecamatan Serasan dan desa Setengar, Kecamatan Bunguran Selatan.  Renovasi sedang dimaksud adalah, pemerintah memberikan bantuan swakelola untuk renovasi atap bangunan, mebeler serta pemasangan lantai keramik.

"Total anggaran dana Kementerian dan DAK tahun ini sebesar Rp 3,2 miliar. Kita berharap dana tersebut dapat diserap maksimal sehingga tahun depan pemerintah bisa kembali mengucurkan dana itu untuk peningkatan fasilitas bangunan sekolah lainya yang memerlukan perbaikan," ungkapnya.

Sejauh ini sambung Marka, masih ada beberapa bangunan sekolah yang belum tersentuh perbaikan. Namun demikian, tahun depan sejumlah sekolah tersebut akan mendapat bantuan rehab gedung.

"Setiap kepala sekolah kita minta mengajukan proposal yang berkaitan dengan usulan perbaikan gedung. Nanti dengan jumlah dana yang masuk akan dirumuskan mana yang layak untuk mendapat rehab lebih dulu. Kita utamakan yang paling mendesak," pungkasnya. (fat)

Share