Rabu08232017

Last update05:00:00 AM

Back Natuna Jampersal Tidak Tanggung Biaya Persalinan

Jampersal Tidak Tanggung Biaya Persalinan

NATUNA (HK) - Bantuan yang dikucurkan Kementerian Kesehatan yaitu kegiatan DAK non Fisik seperti Jaminan Persalinan (Jampersal) ternyata hanya berupa transportasi untuk ibu hamil, sedangkan untuk biaya melahirkan dibebankan ke fasilitas kesehatan.
Hal ini ditegaskan oleh Kasi Gizi Dinkes Natuna Netty, Jumat (11/8). Dikatakannya, bantuan tersebut dikhususkan bagi ibu-ibu dalam proses persalinan, mulai dari tranportasi sampai makan minumnya.

"Jadi bantuan jaminan yang diberikan diantaranya tranportasi, terus uang makan selama dirumah sambil menunggu kelahiran, semuanya itu tergantung klaim dari Puskesmas, baru dibayar pak. Sedangkan untuk biaya persalinan tidak ditanggung pak," jelasnya.

Netty melanjutkan untuk kedepanya pihaknya akan mengusulkan agar biaya persalinan juga bisa ditanggung. "Untuk kedepannya kita akan usulkan supaya biaya persalinan juga bisa di klaim. Dan semuanya itu harus sesuai dengan mekanisme yang ada dan jangan sampai doble pembayarannya," tutupnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Abdul Gani membenarkan adanya bantuan yang dikucurkan Kementerian Kesehatan dalam bentuk kegiatan DAK non Fisik yakni Jampersal.  "Bantuan dari kementerian Kesehatan ada DAK non fisik jampersal, dan yang diberikan bantuan itu mulai dari tranportasi dan makan minum si ibu yang sudah melahirkan," katanya.

Namun untuk lebih teknisnya, bantuan tersebut dia tidak tahu secara rinci. Dia juga mengatakan petunjuk teknis merupakan pedoman  penggunaan DAK Nonfisik Bidang Kesehatan tahun 2017 yang berisi penjelasan rinci kegiatan pemanfaatan DAK Nonfisik Bidang Kesehatan  yang meliputi Bantuan Operasional Kesehatan (BOK), Jaminan Persalinan (Jampersal), Akreditasi Puskesmas dan Akreditasi Rumah Sakit.  

"Sesuai dengan PP Nomor  71 tahun 2016 tentang petunjuk teknis penggunaan dana alokasi khusus non fisik bidang kesehatan tahun 2017 semuanya sudah diatur," ungkapnya.***(fat)

Share