Kamis11232017

Last update05:00:00 AM

Back Natuna Pedagang Berharap Penduduk Bertambah

Pedagang Berharap Penduduk Bertambah

NATUNA (HK) - Sebagian pedagang di Natuna berharap ada tambahan penduduk di Natuna agar jumlah pembeli semakin bertambah. Yadi (48), seorang pedagang buah-buahan di Natuna mengaku produk komoditi Natuna sering sekali mengalami kembanjiran produk. Hal ini membuat pasar tidak sanggup menampung komoditi masyarakat karena jumlah pembeli terbatas.
"Saya rasa Natuna akan lebih makmur kalau orangnya bertambah. Banyak barang berlimpah di sini, tapi bingung nak jualnya. Kalau tak ada pembeli, barangnya jadi sia-sia," kata Yadi di Jalan Datu Kaya Wan Muhammad Benteng, Ranai, Senin (11/9).

Ia mencontohkan, komoditi petai dan jengkol di Natuna ini berlimpah. Petani banyak yang kebingungan hendak melepas hasil panennnya ke mana. Sementara pedagang tidak ada yang berani menampungnya secara maksimal meskipun dengan harga yang sangat murah. Hal ini karena permintaan sepi di pasaran.

"Ini baru petai dan jengkol saja yang melimpah, orang pada bingung. Apalagi nanti yang lainnya juga melimpah seperti ikan, kelapa, cengkeh, duren, pisang dan lain sebagainya. Apa tak semakin bingung," tandasnya.

Menurutnya, harga beli di Natuna relatif tinggi meski dalam keadaan - keadaan tertentu kadang daya beli mengalami penurunan. Akan tetapi menurutnya memang seperti itu lah kondisi pasar di mana-mana yang tidak bisa lepas dari pluktuasi.

Meskipun daya beli relatif tinggi di Natuna, tapi hal itu tidak bisa diandalkan secara maksimal hingga ada dinamika penduduk yang lebih besar. "Memang kita akui di sini daya beli lumayan, tapi kalau yang beli segitu-gitu aja, kita selaku pedagang juga susah meningkatkan pendapatan," sebutnya.

Dengan begitu, ia dan rekannya yang lain mengaku setuju dengan program pemerintah yang hendak mendrop ribuan nelayan ke Natuna. "Makanya kami senang dengan rencana pemerintah yang hendak membawa nelayan banyak-banyak ke sini. Menurut kami itu langkah tepat untuk kemakmuran bersama," tutupnya. (fat)

Share