Sabtu11182017

Last update05:00:00 AM

Back Natuna Lagi Patroli, Polair Tangkap 5 Kapal Nelayan Asing

Lagi Patroli, Polair Tangkap 5 Kapal Nelayan Asing

lagi patroli polair tangkap 5 kapal neyanan asingNATUNA (HK) - Lima unit Kapal Ikan Asing (KIA) di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) diringkus aparat Polair Polda Kepulauan Riau, Jumat (8/9) lalu. Mereka tertangkap tangan sedang melakukan kegiatan menangkap ikan oleh aparat polair yang sedang patroli.

Hal ini disampaikan Kapolres Natuna, AKBP Charles Panuju Sinaga di tempat kerjanya, Selasa (12/9). Dia menuturkan, KP Antasena dan KP Bisna melakukan misi patroli di wilayan Perairan Laut Natuna Utara, tiba-tiba menemukan kapal asing yang sedang melakukan kegiatan menangkap ikan. Mendapati hal itu, petugas kepolisian langsung melakukan penyergapan.

"Ya Polair Mabes yang nangkap kemarin, mereka Patroli di Perairan Natuna Utara," kata AKBP Charles.

Tersangka, ABK dan sejumlah barang bukti langsung diserahkan ke Satuan Pengawas PSDKP Sabang Mawang, Natuna untuk ditindak hukum lebih lanjut. "Mereka kedapatan menangkap ikan di wilayah ZEEI dengan alat tangkap Pair Trawl dan tanpa dilengkapi dengan dokumen yg sah dari Pemerintah RI. Sekarang semuanya sudah diserahterimakan ke PSDKP," terangnya.

Koordinator Satuan Pengawas PSDKP Natuna, Achmad Dedy Setiadi membenarkan kejadian itu. Ia mengaku pihaknya sudah menerima sejumlah tersangka, barang bukti dan puluhan ABK dari Polair pada Senin (11/9) kemarin.

Ia merinci kapal yang berhasil ditangkap itu masing-masing kapal BV92589 TS, BV92303 TS, BV92403 TS, BV0657 TS dan BV0332 TS. "Total ABK sebanyak 33 orang dan sekarang berada di Sat PSDKP Sabang Mawang untuk ditindaklanjuti," kata Dedy.

Mereka diduga melanggar pasal 93 ayat (2) jo pasal 27 ayat (2), UU RI Nomor 45 tahun 2009 tentang perubahan atas UU No.31 tahun 2004 tentang perikanan. (fat)

Share