Rabu10182017

Last update05:00:00 AM

Back Natuna Bekali Pencaker dengan Daya Saing dan Kompetensi

Bekali Pencaker dengan Daya Saing dan Kompetensi

bekali pencaker dengan daya saing dan kompetensiNATUNA (HK) - Untuk menciptakan sumber daya manusia yang handal dan siap pakai, Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi membekali para pencari kerja (pencaker) dengan daya saing dan kompetensi melalui Balai Latihan Karja (BLK)

"Kita dari Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna merasa sangat perlu untuk menciptakan tenaga pencari kerja yang trampil yang memiliki keahlian khusus di bidangnya, antara lain, keterampilan menjahit, teknik mengelas ,teknik listrik , dan keahlian lainnya yang diperlukan para pencari kerja," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Natuna Hussaini dikantornya, Rabu (11/10).

Menurutnya, sesuai dengan UU No 13 tentang Ketenagakerjaan tahun 2003, Lembaran Negara RI tahun 2003 No 39, Lembaran Negara RI tahun No 4279, Peraturan Menteri Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi No 8 tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Berbasis Kompetensi. Pentingnya pelaksanaan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja di Balai Latihan Kerja 2017.

"Pelatihan berbasis kompetensi ini lebih diutamakan praktek dari pada teorinya. Makanya banyak peserta yang lebih memahami dan menjadi trampil dan mahir, jelasnya.

Hussaini mengaku, masih kurangnya perusahaan yang beroprasi di Natuna. Namun pihaknya tidak berdiam diri dan tetap mengusahakan kepada instansi terkait untuk bisa mempekerjakan yang sudah memiliki sertifikat.

"Kita memberikan kepada para peserta pelatihan terakhir usai uji kopetensi, dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dan Sertifikat tersebut berlaku selama 3 tahun," ungkapnya.

Ia berharap, dengan peserta yang telah mendapatkan sertifikasi nanti bisa langsung bekerja dan berwirausaha dengan keahlian yang telah diperoleh. "Mudah-mudahan, setelah dapat sertifikasi mereka bisa langsung terjun kelapangan dengan keahlian yang dimiliki," harapnya. (fat)

 

Share