Sabtu11182017

Last update05:00:00 AM

Back Natuna Penarikan PAD Natuna Harus Maksimal

Penarikan PAD Natuna Harus Maksimal

NATUNA (HK) - Ketua Komisi III DPRD Natuna, Harken menekankan kepada pemeritah agar memaksimalkan pendapatan daerah melalui semua sektor,  terutama sekali penarikan pajak dan retribusi.
Dalam upaya ini pemerintah sudah memilki dasar yang kuat yang diterapkan melalui peraturan daerah dan aturan lainnya sehingga tidak ada alasan bagi mereka untuk tidak memaksimalkan upayanya.

"Kami dewan konsennya kepada bagaimana pemerintah bisa memaksimalkan upayanya mendaptakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena hal ini penting," tegas Harken di kantornya, Selasa (14/11).

Menurutnya, PAD merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan satu daerah dalam mengelola potensinya. "Kami ingin apapun kendala yang dialami pemerintah dalam upaya memungut pendapatan, dapat diselesaikan tahun ini. Kalau itu belum bisa dilakukan, bisa dibilang  daerah ini belum berhasil," jelasnya.

Kepala Bidang Pendapatan BPKPAD Kabupaten Natuna, Wan Andriko mengatakan, pihaknya sebagai leading sektor dalam hal pendapatan daerah akan melakukan beberapa langkah pasti untuk mencapai tujuan itu. "Kami akan melakukan rapat konsolidasi dengan seluruh OPD karena tugas penarikan itu juga ada di mereka," ujar Eko.

Selanjutnya dilakukan upaya edintifikasi dan inventarisi kendala dan persoalan yang selama ini mengahalangai jalannya proses penarikan pendapatan itu.

"Melalui rapat itu kita juga ingin tahu apa saja kendala dan apa saja yang diperlukan OPD. Kemudian kita koordinasikan dengan pimpinan dan juga dewan. Insya Allah akhir bulan ini kita akan gelar konsolidasi,"  sambungnya.

Ia berharap tahun depan PAD Natuna dapat ditingkatkan sehingga dapat membantu jalannya pembangunan. "Kita ingin ditahun depanya, semua sektor dapat menjadi sumber pendapatan daerah," harapnya.***(fat)

Share