Selasa06192018

Last update05:00:00 AM

Back Natuna Pembangunan IPLT Dinilai Mubazir

Pembangunan IPLT Dinilai Mubazir

NATUNA (HK) - Banyak Pembangunan di Natuna yang dinilai tidak berguna atau sia-sia. Pasalnya bangunan yang telah dibangun sampai saat ini belum dioperasikan.
Contoh bangunan Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLT) di daerah Batu Sebayar Kecamatan Bunguran Timur, yang sudah dibangun menggunakan dana APBN tahun 2016. Namun sampai sekarang belum juga beropasi, malah bangunan tersebut telah mengalami kerusakan pada setiap atapnya.

"Kalau dilihat kasat mata sangat jelas banyak sekali bangunan yang telah dibangun tidak beroprasi malah dibiarkan kosong dan mengalami rusak disetiap bangunannya," Kata Arianto seorang pengamat pembangunan di Natuna. Senin (12/3).

Dikatakannya, selain bangunan IPLT ada ada juga gedung olahraga, gedung wanita, mesin pengelolaan sampah dan masih banyak lagi.

"Waduh kalau dijabarkan cukup banyak juga bangunan yang sudah dibangun dan tidak dipergunakan lagi atau dibiarkan rusak begitu saja. Ini sama saja sia-sia, karena sudah banyak anggaran APBD Natuna yang tersalurkan menjadi tidak berguna dan terbuang percuma, lebih baik untuk masyarakat," ucapnya.

Kepala Dinas PU Kabupaten Natuna Tasrif mejelaskan, untuk pembangunan IPLT itu bukan kewenangan dari Dinas Pekerjaan Umum. Namun dibawah naungan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkim) Kabupaten Natuna.

"Untuk kewenangan pembangunan IPLT bukan di PU tapi di Dinas Perkim," ujar singkatnya.

Sementara Plt Kadis Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Hendra Kusuma mengatakan, bahwa pihaknya sampai saat ini belum mengetahui banyak terkait pembangunan yang sudah dibangun oleh dinas.

"Jujur saja bang, saya belum mengetahui banyak tentang pembangunan apa saja yang sudah dibangun. Yang saya tau pembangunan IPLT tersebut dari dana APBN tahun 2016 lalu, dan Dinas Perkim belum ada dibentuk pada tahun itu, dan kita masih bergabung di dinas PU. Karena saya jabat baru saja atau belum lama menjabat sebagai  Plt Kadis," katanya.

Ia mengaku, pihaknya akan koordinasikan dengan Kepala Bidang terlebih dahulu tentang pembangunan tersebut. Hal itu agar kita juga bisa memahami maksud dan tujuan pembangunan itu," tutupnya.(fat)

Share