Rabu10012014

Last update12:00:00 AM

Back Natuna Harga Ikan Napoleon Turun Drastis

Harga Ikan Napoleon Turun Drastis

RANAI (HK) - Ikan napoleon  yang merupakan yang memberikan  pendapatan cukup besar bagi sebagian warga Natuna,  namun belakangan harganya turun drastis
Warga Natuna membudidaya ikan napoleon i masih dengan cara-cara yang tradisional.  Mereka mencari bibit ikan dengan cara menyelam ke laut. Bibit-bibit kecil ikan  lalu dibawa pulang untuk dibudidayakan di keramba selama bertahun-tahun  lalu dijual.
Antusias warga Natuna membudidaya ikan tersebut sangatlah tinggi, karena ikan  harga  ikan ini cukup menjanjikan. Namun tidak sedikit dari mereka kini kecewa karena  harga  turun drastis.

Penyebab turunnya harga ikan naopleon  belum diketahui persis sampai saat ini baik oleh Pemerintah Kabupaten Natuna maupun oleh para petani tersebut.

"Kita belum tau apa penyebabnya, memang informasi harganya turun itu kita udah terima bahkan kita juga kaget  sebab setelah kita cek ke petani ternyata penurunan harga ini seakan-akan tidak wajar. Sebelumnya haganya dibandrol Rp1 juta lebih dan tiba-tiba turun menjadi Rp600.000 per ekor," kata Kabid Perdagangan Disprindag Kabupaten Natuna, Wan Endriko saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Namun informasi yang berkembang saat ini ada beberapa penyebab turunnya harga ikan tersebut diantaranya karena ikan tersebut banyak yang terkena penyakit alergi dan karena pemerintah Hongkong yang melakukan import ikan tersebut dari Indonesia akan melakukan pemutusan import.

Dan turunnya harga ikan ini tidak tejadi di seluruh Natuna, namun penurunan ini terjadi hanya di Kecamatan Bunguran Barat saja, sedangkan di Kecamtan Pulau Laut belum mengalami penurunan.

"Setahu saya sampai saat ini harga ikan itu belum turun dan kalaupun ikannya alergi kenapa masih dibeli," kata Camat Pulau Tiga, Syawal saat ditemui di Kantor Bapati Natuna, Jumat (7/6).

Dan alasan pemerintah Hongkong yang hendak menyetop eksport itu juga dimentahkan  pemerintah dan masyarakat.  Sebab hingga sat ini ikan yang dijual warga masih tetap laku meski harganya murah.

Sampai saat ini warga masih bertanya-tanya karena mereka penasaran mengapa  harga ikan  turun secara tiba-tiba. Sementara pemerintah berjanji akan melakukan mengecek  penyebab harga ikan napoleon turun drastis. (cw61).

Share