Kamis11232017

Last update05:00:00 AM

Back Natuna Sedarat Baru Dapat Jatah 12 Hektar

Sedarat Baru Dapat Jatah 12 Hektar

NATUNA (HK) -  Rencana awal pembukaan lahan sawah seluas 100 hektar di desa Kelarik Utara, Kecamatan Bunguran Utara tahun ini dirubah menjadi 88 hektar. Karena 12 hektar lagi diperuntukan desa Sedarat Baru, Kecamatan Bunguran Batubi.
Sekretaris Dinas Pertanian Natuna, Sadria Sjahputra mengatakan, sejak awal rencana cetak sawah di Natuna tahun untuk dua desa. Hanya saja, dalam rapat koordinasi di Korem 033 WP Tanjungpinang beberapa waktu lalu, diusulkan agar program cetak sawah dilaksanakan di satu desa saja yakni Kelarik Utara. Hal ini dengan pertimbangan keberadaan bendungan Kelarik.

Akan tetapi kata Sadria, berdasarkan hasil Survei Infestigasi Desain (SID) maka untuk Kelarik Utara hanya dibuka 88 hektar. Dan 12 hektar lagi di Sedarat Baru. "Dan keputusan ini sudah di tetapkan okeh Dirjen Pertanian, dan sudah dituangkan dalam MoU," kata Sadria di dampingi Kepala Bidang TPH, Tukino di kantornya, Kamis (16/2).

Dijelaskannya, pada program cetak sawah tahun ini, untuk anggaran sepenuhnya dari pemerintah pusat. Dan pelaksana di lapangan dikerjakan oleh TNI AD.

"Untuk anggaran masih tetap dari pusat. Dan untuk cetak lahan sawah seluas 132 hektar yang sudah dilaksanakan tahun 2016 lalu, pada tahun ini dilanjutkan lagi dengan optimasi dan anggarannya juga dari pusat," jelasnya.

Di tahun 2017 ini lanjut Sadria. Selain program cetak sawah dari pemerintah pusat, pemerintah daerah juga menganggarkan untuk optimasi lahan sawah seluas 122 hektar. "Tahun ini yang anggaran APBD juga ada untuk optimalisasi lahan sawah. Kita akan aktifkan lagi lahan sawah yang sudah pernah dikelola petani," tutupnya (fat)

Share