Minggu04202014

Last update12:00:00 AM

Back News Batam Dari Hobi Menjadi Lahan Bisnis

Dari Hobi Menjadi Lahan Bisnis

Banyaknya situs fotografi nasional dan internasional yang mewadahi pencinta seni fotografi menjadi dasar pemikiran hadirnya website fotografi sederhana ini. Sebagai loncatan awal dunia fotografer, Kepri foto memulai dengan menjelajahi gallery fotografi online, yang selanjutnya bisa learn & share kepada website fotografi nasional, internasional lainnya

Nama Kepri Foto.com dipilih karena para Awak Portal (pengurus) berdomisili di Kepulauan Riau, ibarat pepatah Melayu ‘Dimana Bumi di Pijak Disitu Langit Dijunjung,” jelas Wira dengan dialek Melayu-nya kepada Haluan Kepri.

Bicara hobi sebenarnya belum lama Wira menggeluti dunia fotografi. Sebelumnya ia merupakan pekerja televisi sebagai kameraman. “Awalnya saya ini cameramen di sebuah stasiun TV, tapi kecelakaan yang saya alami beberapa tahun lalu mengantarkan saya menjadi pencinta Fotografi,” kenang Wira.

Belajar dan terus belajar itulah yang menyebabkan ia mencintai dunia fotografi, banyak sudah penghargaan yang sudah di kantonginya.

“Padahal saya ini juga sempat menjadi staff anggota dewan, tapi memang saya mencintai fotografi, saya akhirnya memutuskan berenti saja jadi PNS. Dan, Keprifoto diperuntukkan bagi siapa saja yang menggemari seni fotografi dimana saja,” jelas Wira.

Usaha ini dikelola secara nirlaba oleh Kepri Foto Organizer (KFO) dengan dukungan member donatur dan sponsorship dalam pengelolaan website, pemberian apresiasi Foto & Fotografer (F&F) Pilihan Bulananprogram  workshophunting, sharing dan mentoring fotografi.

Kepri Foto tidak menutup portal bagi sahabat fotografer diluar wilayah Kepri untuk ikut mempublikasikan karya foto. Bergabungnya sahabat fotografer diluar wilayah Kepri dalam mempublikasikan karya-karyanya murupakan  referensi informasi dalam ekplorasi seni fotografi yang luas ini.

Diharapkan dengan hadirnya Kepri Foto merupakan sarana publikasi dan data base online yang efisien untuk berbagai even fotografi oleh club atau komunitas, Instansi dan sponsorship, peserta cukup meng-upload karya di Kepri Foto, kemudian club atau komunitas fotografi, instansi dan sponsorship tinggal memilih karya foto terbaik berikut pemberian apresiasinya.

Baginya usaha yang dilakonia sekarang untuk manampung karya seni fotografi para fotografer di Kepri. Sehingga Kepri Foto menjadi galeri pesona keindahan daerah Kepri Khususnya, Indonesia umumnya adalah target utama sebagai sumbangsih fotografer anak negeri turut serta mempromosikan keindahan Indonesia di era globalisasi.

Disamping itu ikut memberikan apresiasi kepada Foto dan Fotografer pilihan (F&F) dengan menjaring donatur dan sponsorship yang peduli terhadap seni fotografi agar tercipta semangat berkarya untuk menghasilkan karya foto berkualitas dan mampu berkompetisi ditingkat nasional dan internasional.

Bermitra dengan club atau komunitas fotografi se-Kepulauan Riau, Moderator Kepri, Moderator dan fotografer senior lainnya untuk terus mengembangkan seni fotografi profesional yang berprestasi.

Alternatif galery foto pribadi untuk dievaluasi fotografer lainnya. Formula Kepri Foto dalam  memilih foto-foto yang akan hadir halaman depan (F&F of the Week |F&F of the Month | F&F Explorer) adalah bekerjasama dengan Moderator Kepri Foto sebagai pemilih karya foto yang masuk demi penilaian yang fair.

Banyaknya hits dan tingginya nilai vote pada foto juga menjadi perhitungan Kepri Foto yang kemudian disajikan pada halaman TOP seperti layaknya pemilihan website fotografi umumnya.

Menyediakan ruang persahabatan, bertukar informasi, berbagi trik teknis foto dan bursa jual beli tersedia bilik Forum dan Bursa yang dapat diakses secara bebas terkendali oleh para fotografer.

Kepri Foto senantiasa menghadirkan informasi kegiatan hunting, sharing dan lomba-lomba fotografi di Kepri Khususnya, Indonesia dan Internasional umumnya. Setiap fotografer Website

KepriFoto.com terdapat galeri foto online sederhana yang dapat diakses secara online.

Kepri Foto tersaji dengan dukungan sponsorship dan donator para pencinta dunia Fotografi. Setiap kegiatan yang diselenggarakan juga diberikan hadiah kepada peserta yang foto-fotonya tampil sebagai menang.

“Biasanya audisi foto ini diselenggarakan mingguan, semua pemenang mingguan akan dilakukan seleksi pada minggu ke emapat. Di minggu ke empat inilah akan di tunjuk hasil foto yang berkwalitas. Kami juga sudah menyiapkan hadiah bagi pemenang,” jelas Wira.

Wira mengumpamakan Kepri Foto bagaikan bayi yang baru lahir. “Butuh biaya besar dan tenaga dalam pengelolaan website ini,” jelasnya. (*)

Share

Fokus

Dari Kerang hingga Kerajinan Kaca

Sabtu, 15 March 2014
Dari Kerang hingga Kerajinan Kaca

Cinderamata Tanjungpinang

TANJUNGPINANG(HK)-- Kota Tanjungpinang yang merupakan d...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...