Minggu09212014

Last update12:14:13 AM

Back News Karimun PJTKI PT Ficotama Bina Trampil Ditutup

PJTKI PT Ficotama Bina Trampil Ditutup

- Disnaker Lapor Polisi

KARIMUN- Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Karimun memastikan Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) PT Ficotama Bina Trampil cabang Karimun telah ditutup.  Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Karimun, Syafrudin, mengatakan terungkapnya kasus tersebut setelah diterimanya fax dari PJTKI PT Ficotama Bina Trampil pusat yang menyatakan kantor cabangnya di Karimun ilegal. A

Dalam lampiran surat tersebut dinyatakan bahwa kantor cabang PT Ficotama Bina Trampil di Karimun sudah dinon aktifkan, karena kepala cabangnya DJ Damanik sudah meninggal dunia.

"Fax nya saya terima Selasa (19/10) atas nama A Pandu Sembiring sebagai Direktur Utama PT Ficotama Bina Trampil. Di mana isinya menyebutkan, kepala cabang PT Ficotama Bina Trampil di Karimun telah meninggal dunia beberapa bulan lalu, sehingga sampai saat ini operasional kantor cabangnya telah dinonaktifkan," ujar Syafruddin, Rabu (20/10).

Dikatakan Syafruddin, isi di dalam surat itu juga dijelaskan bahwa, dinonaktifkannya kantor cabang PT Ficotama Bina Trampil di Karimun karena sampai saat ini belum ada laporan TKI yang direkrut, diberangkatkan, maupun ditempatkan oleh pimpinan cabang di Karimun.

"Dalam isi surat tersebut juga dijelaskan bahwa, bilamana ada permasalahan yang terjadi dikemudian hari terhadap calon tenaga kerja Inndonesia (CTKI) yang kemungkinan selama ini ada diberangkatkan dari Karimun tanpa sepengetahuan Pandu Sembiring selaku Direktur Utama, maka itu sdah menjadi tanggung jawab pimpinan cabang secara pribadi," jelas Syafruddin lagi.

Sampai kemarin, Disanaker telah melaporkan PJTKI PT Ficotama Bina Trampil ke pihak kepolisian.

"Atas informasi ini maka PJTKI PT Ficotama Bina Trampil cabang Karimun dinyatakan ilegal. Saya juga telah melaporkan ke pihak Polres Karimun," katanya.

Diketahui, PJTKI PT Ficotama Bina Trampil cabang Karimun telah mendatangkan CTKI di bawah umur asal Pulau Jawa pada Sabtu (16/10) malam.

Sejumlah nama calon TKI  yang direkrut PT Ficotama Bina Trampil yakni, Siti Rohmah (17) asal Banjar Negara dengan status sudah menikah. Selanjutnya dua orang lagi yang direkrut oleh PT Andalan berdtempat di Sei Lakam Kecamatan Karimun, yakni Anis Prasetya (16) tanpa identitas diri berasal dari Cilacap, dan Lasmi Febri Panca Putri (18) asal Pagubugan Kulon.

Atas temuan itu, pihak Satpol PP bersama tim Perdaduk berkoordinasi dengan Polres Karimun segera menangani kasus traficking tersebut.(sm/27)

Share

Fokus

Apakah Oknum Aparat Terlibat ?

Minggu, 07 September 2014
Apakah Oknum Aparat Terlibat ?

Pelangsir BBM di Batam

NONGSA(HK) -- Dugaan keterlibatan oknum polisi semakin ku...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...